12 Karya Seni Patung, Hasil Tangan Kreatif Siswa SMPN 23 Malang

Malang – Keindahan Karya seni Patung barangkali sudah dapat kita jumpai di berbagai kota. Seperti halnya Patung dari para siswa SMPN di kota Malang. Namun, dengan Kebijakan sekolah secara daring tidak menyurutkan semangat belajar siswa SMPN  23 Malang. Hal ini juga ditunjukan dengan imajinasi yang tertuang dalam karya seni Patung yang lahir dari tangan kreatif anak-anak SMP 23 Malang.

Penugasan membuat patung ini ditujukan kepada siswa kelas 9-4, 9-3, 9-2 dan 9-1. Dengan ketentuan menggunakan teknik assembling dari bahan bekas di sekitar dan teknik butsir dengan bahan bubur kertas.

Teknik assembling sendiri adalah teknik pembuatan patung dengan cara menggabungkan beberapa bahan hingga menjadi suatu bentuk tertentu. Dan teknik butsir adalah teknik memijat dan mengurangi bahan menjadi suatu bentuk tertentu. 

Dalam proses pembuatanya, siswa kelas 9-4, 9-3, 9-2 dan 9-1 diberikan waktu selama dua minggu untuk proses pengerjaan karya. Beberapa siswa ada yang mendapat kendala dalam proses pembuatan maupun pencarian ide. Beberapa juga ada yang mengumpulkan karya di akhir batas pengumpulan, namun sebagian besar mengumpulkan tepat waktu. 

Kesulitan siswa dalam sekolah daring ternyata melahirkan ide kreatif dan imajinasi liar dalam membuat patung. Dengan aneka teknik yang sebelumnya telah diajarkan para guru seni budaya mereka. Dengan 12 hasil pilihan dari guru pendamping mereka yang dapat redaksi beart.id lihat.

Selama proses pembuatan siswa dipersilahkan untuk berkonsultasi kepada guru secara online. Dari empat kelas, total ada 120-an karya yang dikumpulkan, dan dipilih tiga karya terbaik untuk dipublikasikan.

Menurut penuturan pembimbing, “Karya ini dipublikasikan sebagai wujud apresiasi kepada siswa yang mengerjakan dengan teknik, imajinasi, ide kreatif, dan hasil sesuai dengan ketentuan, dan apresiasi ini juga sebagai penyemangat siswa dalam mengerjakan tugas Seni Budaya ini”

Dan berikut adalah Karya Seni Patung Pilihan dari Siswa SMPN 23 Malang Sebagai Apresiasi Tugas Daring Seni Budaya:



Selamat Menikmati karya Seni dari teman-teman SMP yang lagi asik-asiknya berkembang ini. Semoga kita dapat saling menebarkan semangat kreatif dalam berkarya

Salam kreatif, selamat berkarya

beart.id

Leave a Comment