Menu Tutup

6 Ide passive income, cara investasi Desainer

designer income beart

Passive income desainer atau penghasilan pasif untuk seorang desainer bisa dikatakan sebagai cara investasi mereka. Mengolah, memperbanyak, berkarya terus-menerus untuk bisa masuk dalam keranjang investasi mereka. Yang pasti metode passive income ini tanpa memiliki client. Seorang desainer harus meningkatkan skill, research, dan mengolah karya desain mereka untuk bisa menjadi bahan penghasilan yang bersifat pasif dan berkelanjutan ini.

Menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil keringat sendiri mungkin dambaan setiap orang. Tidak luput para pelaku kreatif di bidang Desain atau para praktisi DKV. Mengolah karya kreatif untuk memenuhi kebutuhan desain masyarakat dengan menjadikan karya sebagai bahan investasi.

Passive income yang bisa kalian coba untuk investasi sejak dini ialah sebagai berikut :

Passive income desainer dengan menjual foto

Seorang desainer tidak akan luput dengan perjumpaan dengan foto. Bahkan, diantara kalian ada yang mempelajari fotografi atau sudah profesional mungkin. Nah, dari hasil-hasil jepretan kalian yang memiliki konsep dan tidak ngeblur inilah bisa kalian jual di aneka platform yang menghimpun para fotografer untuk menjual karya fotografinya. Aneka platform stock foto sudah amat banyak sekali kita temui hari ini.

Sekarang tinggal tingkatkan skills selalu dan rajin-rajin hunting untuk mencari stock foto terbaikmu. Eh, footage videomu juga bisa dijual loh.

Passive income desainer dengan membuat Font

Menjadikan font sebagai penghasilan tetap, mengapa tidak ? Dalam keseharian kita menggunakan gadget atau perangkat elektronik lainnya tidaklah mungkin luput dari penggunaan font untuk menulis, berbalas pesan, sambat (keluh kesah) dan berkomentar di media sosial. Sebegitu pentingnya font dalam dunia menjadi peluang kalian para desainer yang sudah mempelajari tipografi untuk meningkatkan lagi referensi, skills, dan mencoba membuat alfabet A-Z.

Dalam membuat font kalian perlu memiliki ketelitian dan kesabaran untuk mengolah aneka huruf dalam kerangka alfabet itu. Kedepannya kalian bisa mengolah aneka huruf atau aksara dari bahasa negara lain. Namun, untuk memulainya lebih baik kalian mengetahui anatomi dari huruf sendiri. Perlakukan huruf-huruf itu seperti mengurus anak sendiri. Sehingga nanti font kalian laku sebagai passive income untuk memenuhi realistas kehidupan anda.

Buku diatas bisa menjadi referensi belajar Tipografi untuk membuat font kalian nantinya.

Passive income desainer dengan Content YouTube

Menjadi YouTubers sudahlah tidak asing jika dibicarakan ditahun 2019 ini. Aneka konten bisa masuk platform penyedia video nomor satu di dunia ini. Platform ciptaan google ini juga bisa kita manfaatkan sebagai media sharing, bereksperimen dan mengkolaborasikan aneka isu sosial, dunia seni dan desainer sendiri untuk dibicarakan dalam kanal YouTube yang akan kalian buat.

Baca juga:

YouTube bisa menjadi peluang, karena skills editing dan videografi yang kalian punya akan dapat membantu dalam memproduksi konten video yang menarik dan kreatif pastinya. Mari ikut memperbaiki tontonan anak bangsa Indonesia ini. Jangan lupa daftar AdSense jika sudah berpeluang ya. Tapi jangan tergesa-gesa. Nikmati proses kalian, berorientasi pada konten dan uang akan menghampirimu.

Passive income desainer dengan menjual asset desain

Berkarya, berkarya dan berkarya ialah kunci untuk menjual asset desain. Bagi seorang desainer tidak lah mampu mengolah semua komponen dalam desain. Kecuali memang anda sudah profesional. Keterbatasan waktu mungkin yang akan menghalangi anda untuk bisa maksimal dalam membuat sebuah karya. Contohnya untuk membuat infografis kalian akan butuh aneka asset desain. Padahal kalian juga perlu riset atas informasi yang valid untuk disajikan dalam infografis. Dalam konteks permasalahan tersebut seorang desainer pun perlu bantuan asset desain untuk mempercepat kerjanya. Ingat deadline ya.

Nah itu adalah peluang bagi kalian yang produktif untuk berkarya dan berkarya. Kumpulkan sebanyak mungkin karya kalian. Riset dan olah bahan kaliaj untuk dijadikan asset desain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Dan yang paling terakhir anda sudah ditunggu aneka marketplace untuk menampung asset desain yang kalian buat. Mari mencoba ! Jangan lupa produktif ya.

Passive income desainer Membuat kursus online

Tabel SDGs
Tabel SDGs

Pendidikan merupakan salah satu isu Suistanable Development Goals yang disusun bersama oleh PBB dan UNDP. Indonesia merupakan bagian dari hal tersebut, termasuk pendidikan soft skills yang perlu banget dikembangkan di tanah air ini. Kalian para desainer sangat berpeluang sekali dalam ranah ini. Menyebarkan ilmu desain kebanyak masyarakat umum di Indonesia. Karena ilmu yang bermanfaat bagaikan pohon yang berbuah dan dapat dimakan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Jadi anda bisa kapan saja dan dimana saja menebarkan ilmu loh.

Mari bikin konsep menarik untuk membuat kelas kursus online pembelajaran. Karena pemerataan pendidikan di Indonesia salah satunya bisa dilakukan secara online. Bersama Beart Indonesia ingin menyebarkan pendidikan, kabar berita dan informasi seputar seni dan desain. Agar supaya ekosistem seni dan desain di Indonesia menjadi lebih baik. Mari berkolaborasi ya ! Contact us now.

Passive income desainer dengan menjual desain ke marketplace

Punya banyak ilustrasi atau karya editorial desain, punya banyak asset desain juga ? Ada cara lain untuk memanfaatkan karya kalian menjadi passive income yaitu menjualnya ke marketplace yang bakal menjadikan karya kalian menjadi sebuah produk atau merchandise. Jadi dari karya kalian akan diolah menjadi bahan pakai atau produk merchandise. Dari inilah kalian akan mendapatkan komisi dari setiap karya desain yang kalian buat.

Biasanya kalian disuruh membuat karya desain digital dengan format png, svg atau eps. Dari file tersebut akan diolah oleh pihak marketplace sebagai bahan untuk merchandisenya. Dengan memperbanyak karya atau produktif berkarya dan melihat peluang pasar dari masyarakat bisa memperbanyak peluang investasi dompet kalian. Semoga semakin mandiri berkarya dan menghidupi diri.

Masih banyak lagi peluang yang bisa kita manfaatkan sebagai desainer dalam memanfaatkan karya yang kita buat. Termasuk 6 ide passive income desainer yang kami jelaskan diatas. Namun, anda dilarang melihat uang terlebih dahulu. Supaya ekosistem seni dan desain semakin baik perlu istilahnya meningkatkan skills, referensi dan produktif pastinya. Karena kunci lainnya ialah produktif. Tidak akan ada tuntutan dari client dan deadline. Semoga anda tidak tambah terlena.

Nantinya waktu dan karya yang akan mengatur kalian sendiri. Manfaatkan waktu dan cari waktu yang tepat untuk menjadikan karya kalian sebagai investasi bagi hidup.

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

2 Comments

  1. Pingback:Agency atau freelancer ? - Beart Indonesia

  2. Pingback:Band Semut Semut Merayap luncurkan Sarang Semut Creative Space pertama di Kediri City - Beart Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *