Menu Tutup

Apresiasi Pers lewat karya Ah. Baiquni untuk Beartkalender2020

beartkalender februari

Artwork bulan Februari oleh @bungkusboran ,Hari Pers sendiri dipilih sebagai salah satu hari penting di bulan Februari untuk Beart kalender 2020. Terlihat sosok bapak Tirto Adhi Soerjo, bapak pers Indonesia di karya bulan Februari. Pak Tirto sendiri ialah sosok yang menerbitkan surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji dan Putri Hindia.

Dimana Medan Prijaji menjadi surat kabar berbahasa Melayu (bahasa Indonesia) dengan pekerja mulai pengasuh, penulis, percetakan dan penerbitan dari seluruh rakyat pribumi kala itu.

Tirto sendiri menggunakan surat kabar sebagai propaganda dan pembentuk pendapat umum di era kolonial Belanda. Meninggal di Batavia, 7 Desember 1918 dengan umur 37 tahun.

Menjadikan sosok putra kelahiran Blora ini diabadikan dalam aneka buku, seperti karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam buku Tetralogi Pulau Buru dan Sang Pemula. Gelar Bapak Pers Tirto tertuang dalam Keppres RI No 85/TK/2006, tepatnya pada tanggal 3 November 2006

Jangan lupa hari Minggu, 02 Februari 2020 kita akan ada lokakarya bareng dalam project #beartberbagi . Jadi udah beli beart kalender 2020 belum ?

Proses panjang dari pembuatan karya hingga jadi beart kalender 2020 telah dilalui para kreator. Jadi kami mewawancarai Ah. Nur Baiquni, selaku kreator karya Beart kalender 2020 di bulan Februari ini. Sekuy baca wawancara kami denganya !

Kapan anda mulai berkarya ?

Sebenarnya kalo ditanya kapan mulai berkarya agak bingung, soalnya gak tau juga tepatnya, kalo cuma sekedar belajar ngedit atau gambar-gambar digital pakai software sudah lama. Mungkin kalo mulai belajar ngedit pakai software gitu udah dari smp.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa ?

Sekarang lagi suka illustrasi berbasis vektor,

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender ?

Buat saya ini pengalaman yang sangat menyenangkan bisa berkolaborasi dengan teman², yang sebenarnya juga cukup bikin deg²an soalnya tau kalo yang ikut kolaborasi banyak juga desainer dari ternama.

Pada kolaborasi ini saya mendapatkan bulan februari mengambil tema pers nasional, karena saya cukup concern pada tema ini. Bagi saya pers sangat berperan dalam tatanan pola pikir dimasyarakat. Serta punya impact besar didalamnya. Jadi melalui apa yang saya buat, saya mencoba mengapresiasi dampak baik yang telah mereka berikan.


Baca juga:


Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah ?

Harapan saya semoga kedepanya para pelaku industri kreatif di negri ini tidak hanya menjadikan industri kreatif sebagai pekerjaan ,tapi harus juga bisa memberikan positive impact pada lingkungan


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *