Menu Tutup

Artwork Khoirul Anwar merespon Isu Anak-anak untuk bulan Juli Beartkalender 2020

karikatoer juli beart kalender 2020

Memasuki bulan Juli ini kita akan bertemu dengan karya Khorul Anwar atau biasa disebut Karikatoer. Mengangkat isu Anak-anak untuk artwork perayaan di bulan Juli beartkalender 2020.

Karikatoer merupakan seniman dengan gaya scribble art atau ceker ayam. Gaya coret-coretan garis yang diolah tersebut dapat melahirkan karya baru yang biasa disebut scribble art.

Proses berkaryanya pun tidak singkat, sejak dibangku kuliah beliau telah mengexplore tangannya untuk menemukan gaya terbaik versi dirinya. Karikatoer sendiri tergabung dalam program beart kalender 2020 yang mengajak 12 seniman atau designer untuk menampilkan karyanya. Tema yang dibahas pun beragam, dengan menyesuaikan isu yang terdapat dalam setiap bulannya. Untuk kali ini isu anak nasional ia bahas dalam artwork untuk bulan juli.

Baca juga:

Wawancara dengan Karikatoer, dalam isu anak-anak untuk artwork bulan Juli Beartkalender 2020

Kapan anda mulai berkarya?

Saya mulai aktif berkarya mulai tahun 2014. Sekarang lagi explore teknik scribble art di media kanvas.

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Akhir tahun kemarin dihubungi buat join project ini, saya pilih tema hari Anak Nasional. Karena relate dengan yang saya kerjakan sekarang, eksplorasi berkarya yg bersumber dr energi anak-anak disekitar. Nggak lama setelah menerima email inspirasi visual datang dari keponakan kawan yg sedang bermain (mandi telanjang di bak berdua).

Manusia disebut juga homo ludens atau yg berarti manusia bermain. Di momentum hari Anak Nasional, melalui karya ini saya ingin menyampaikan ajakan untuk bermain. Untuk menjadi homo ludens kita bisa belajar kepada Anak-anak, mereka hidup sehari-harinya dengan ekspresi kebahagiaan yang alami.

Untuk visual saya eksekusi di tablet atau digital drawing dengan coretan ekspresi scribble art yang spontan.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah ?

Semoga pergerakan kreatif kesenian dan desain di zaman yang mewah Informasi ini dapat ikut membongkar stigma-stigma yang berpikir kerdil dan memerdekaan manusia pada umumnya. Dari ketakutan-ketakutan Homo ludens yang berarti makhluk bermain.

Perlu diketahui, hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.

Salamm kreatif selamat berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *