Asah skill anggota baru, Himafo gelar Pameran Pasca Diklat

Pameran Pascadiklat ini merupakan persembahan dari Himpunan Mahasiswa Fotografi (Himafo) Universitas Negeri Malang (UM) Angkatan 36. Dimana peserta pameran/pengkarya sudah melewati 100 hari setelah pendidikan dasar dan pelatihan (Diklat) menggunakan elemen komposisi dan eksposur.

Pameran yang digelar selama 5 hari dari tanggal 21-25 Januari 2020 ini bertempat di aula UKM UM. Dengan mengusung tema “All The Things That I Love” yang berarti pengkarya boleh mengeksplorasi genre yang mereka sukai dan sesuai pelajaran yang telah mereka dapat selama Diklat Himafo.

Disebutkan dalam teks kuratorial terdapat 59 karya yang dipersembahkan dalam bentuk visual dari setiap pengkarya. Setiap pengkarya memiliki cara tersendiri dalam menampilkan bahkan merepresentasikan kesukaan atau kecintaan terhadap sesuatu yang berbeda-beda.

Mereka berusaha menyampaikan karyanya dengan beragam genre yang ditekuni. Di pameran ini mereka mulai mencoba aneka genre dari foto seperti human interest, lanskap, still life, portrait, street, makro, arsitektur, dan foto model.


Baca juga:


Fotografi tidak hanya sekadar rekaman dari dunia nyata, tetapi menjadi karya seni yang komunikatif, serta mampu memberi makna dan pesan pada pengkarya dan khalayak umum.

Oleh karena itu, proses kreatif dalam merancang konsep hingga semangat berkarya yang tinggi mampu dijadikan pendukung untuk menghasilkan karya foto yang baik.

Harapan besar pameran Himafo

Jarak diklat dengan pameran sekitar 100 hari ini menjadi proses dari perjalanan para pengkarya dalam mempraktekkan ilmu yang di dapat. Hingga 3 bulan menjelang acara, para peserta diklat yang juga berkarya harus ikut menjadi bagian dari panitia pameran juga.

Harapannya teman-teman diklat 36 semakin lebih rekat dan lebih berpengalaman nantinya dalam membuat pameran di masa mendatang

Harapan Zana selaku ketua Pelaksana

Adanya pameran ini, dapat menjadi langkah awal untuk merintis semangat berkarya dan menjadi ladang untuk memanen ilmu, berproses, meningkatkan kreativitas, dan inspirasi para pengkarya.

Disisi yang lebih luas, pameran ini bisa menjadi pemantik diskusi tentang karya dan pengkaryaan. Sehingga menambah keilmuan baru dalam proses intelektual berfotografi.

Semoga Himafo menjadi lebih baik dalam menjaga atmosfer yang sudah dibangun selama 36 tahun lebih. Serta adik-adik sendiri bisa menjadikan ini sebagai bahan pembelajaran, bahwa ketika menciptakan suatu karya harus ada effort di dalamnya.

Ucap Alak selaku ketua umum Himafo

Pameran Pasca Diklat Himafo XXXVI ini didukung dengan Talkshow landscape fotografi dan Sarasehan Pameran. Dimana akan terjadi diskusi yang menjelaskan tentang seluruh karya yang ada di dalam ruang pameran. Pengkarya akan menjelaskan dari segi genre, teknik dan maksud dari foto yang mereka ambil.

“Fotografi adalah cahaya dan kehidupan – Darwis Triadi”

Dikutip dari teks Kuratorial

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Leave a Comment