Bisnis digital, 7 ide bisnis kreatif yang cocok kala pandemi

Mumpung dirumah aja, kita ada ide menarik nih buat berbisnis secara digital. Yap, ada 7 ide bisnis kreatif yang menurut kami cocok dikerjakan kala pandemi di tahun 2021. Belajar dulu kuy. Sebelum nanti kita kasih tau bocoran platform-platform yang bisa mengantarkanmu untuk berbisnis kreatif ini.

Serunya lagi kita sebagai orang Indonesia memiliki banyak cara untuk dapat melakukan sesuatu hal. Hal ini lah yang bisa kita katakan kreatif preend. Kita diuntungkan pula dengan keberagaman yang ada di Indonesia. Dengan aneka suku dan budayanya sama dengan olah tangan kreatif dapat kita manfaatkan. Lantas bagaimana kita memanfaatkannya sebagai medium digital?

Pertanyaan pamungkas diatas yang akan dijawab dibawah ini. Mengamati dan berkarya menjadi kuncinya. Sehingga rasa ingin tahu kalian juga harus tinggi. Karena ya supaya kita dapat mengadaptasinya menjadi suatu yang baru dalam dunia digital. Lagi-lagi internet menjadi salah satu medium kamu untuk mencari inspirasi dalam mengerjakan ide bisnis kreatif yang kami sajikan ini.

Ternak blog

Nyetrik banget ya sepertinya, tapi emang itu apa adanya loh. Ya seperti namanya ternak dapat mengelola banyak blog atau website. Yang pastinya tidak perlu harus beli domain dan hosting. karena hari ini kita dimudahkan dengan banyak platform yang memberikan gratis. Seperti blogspot, wix, github, wordpress, tumblr dan masih banyak lagi. Namun dengan domain sendiri pasti akan membuat kredibiltas dari website anda

kita dapat mendapatkan uang dari website kita pastinya. Lantas dari apa saja itu? mari simak ulasan berikut ini:

1. Memanfatkan adsense, ingat untuk adsense kamu tidak harus bergantung pada punya google. Karena masih ada partner iklan lainnya yang dapat kamu ajak untuk kerjasama sedemikian rupa.

2. Affiliate program: program afiliasi dengan website lain yang memiliki program ini. Banyak sekali hari ini start-up digital yang menyedikan program affiliasi. Caranya kamu cukup lihat saja footer mereka, jika ada teks Affiliate program coba kamu klik dan pahami prosedur dari mereka.

3. Review artikel / placement konten. Membuat ulasan artikel tentang produk yang mau beriklan atau dibuatkan ulasan. Artinya kita membuat artikel untuk orang atau perusahaan yang mau beriklan lewat cara ini. Gampang kok, kalian tinggal buat artikel mengulas mereka. Usahakan kamu riset juga ya supaya bisa mendapatkan SEO yang bagus pula.

4. Backlink ke website kita. Memberikan backlink dalam artikel yang kita buat menuju website yang dituju. Karena backlink ini menjadi salah satu acuan top SEO dan mempengaruhi ranking website.

Yang lebih eksklusif kita bisa membuatkan banner khusus untuk orang atau perusahaan yang mau menaruh iklannya di website kita. Banner tersebut nanti dapat kita tempelkan di dalam artikel, akhir artikel, side bar, header dll. Kalian bisa menyesuaikan sendiri kok. Namun perhatikan tempat yang cocok ya. Biar tidak mempengaruhi performa websitemu juga.

Baca juga :

Ide menjual foto kreatifmu

Memiliki hobby fotografi? sepertinya ini ide bisnis yang cocok untuk anda coba di tahun 2021. Banyak sekali kebutuhan bisnis diluar sana yang membutuhkan stok foto yang siap digunakan. Bahkan dengan hape pintarmu saja sekarang bisa memproduksi foto ciamik. Beberapa tips foto yang dapat dijual menurut kami nih:

1. Tidak blur. Ini poin yang penting sekali untuk kita asah terus. Gunakan kamera yang cocok dan mumpuni bagi kalian ya.

2. Cari moment. Posisikan objek foto anda berada pada posisi yang baik. Tangkap momen yang ada jika anda ingin memfoto suasana.

3. Perhatikan cahaya. Fotografi merupakan seni mengolah cahaya, dimana cahaya ada disitu harus menjadi titik perhatian kita. Karena cahaya akan mempengaruhi kualitas dan taste foto anda.

Yang paling terakhi kita harus tetap mengasah skill foto. Lakukan aneka ujicoba terlebih dahulu. Alangkah baiknya lagi berawal dari hobby anda yang suka jepret-jepret. Dan yang terpenting riset lah pasar, supaya anda tahu kira-kira kebutuhan foto seperti apa yang lagi banyak dicari orang-orang. Biasanya kamu bisa melacak keyword keramaian produk di marketplace/website yang menjual asset digital seperti foto ini.

Membuat podcast

Sejak tahun 2017 media podcast mulai booming kembali. Mungkin di Indonesia masih belum ramai kita dengar. Belakangan ini saja sejak 2019 baru ramai. Bahkan tahun 2020 menjadi puncaknya. Banyak podcast-podcast baru lahir di aneka platform daring audio maupun video.

Aneka format podcast sekarnag amat beragam. Media berupa audio saja ini sebenarnya bukan hal yang baru. Seperti kita ketahui Radio yang sudah ada sejak dulu. Namun, perubahan hape pintar mengubahnya. Aneka aplikasi dalam gadget lebih digunakan oleh penggunanya, yap seperti spotify, google podcast, inspigo dll. Bahkan apps baru seperti clubhouse yang menampilkan audio baru saja naik daun.

Konsep podcast tidak mengharuskan kalian dialog dengan lawan bicara saja. Konsep monolog yang berarti kalian ngoceh sendiri juga bisa kamu coba. Sebut saja rintik sedu dengan podcastnya bercerita atau bermonolog ini lagi trending di Spotify.

Baca juga:

Membuat ilustrasi perayaan hari besar

Ide bisnis kreatif lainnya yang bisa dicoba tahun 2021 ini ialah membuat ilustrasi untuk perayaan hari-hari besar. Seperti kita ketahui adanya perayaan hari setiap bulannya menjadi momen spesial bagi beberapa kelompok.

Dengan membuat ilustrasi yang sesuai dengan market pasar akan sangat berdampak pada penjualan karyamu. Maka kesempatan kamu untung untuk dari karyamu juga semakin meningkat.

Persiapan yang mapan sangat dibutuhkan. Rancang dengan amat baik dan jauh-jauh hari supaya karya kalian juga berkualitas baik.

Bikin jingle audio

Yap anda tidak salah baca, buat nada-nada audio atau jingle. Pasar dari karya kreatif ini belum banyak yang melirik. Sangat cocok bagi anda yang suka memainkan musik. Aneka alat musik dapat kalian rekam dan simpan dalam format wav dan mp3 atau mp4.

Perhatikan juga kualitas audio yang anda hasilkan nantinya. Salah satu awalan yang bisa kalian lakukan ialah mencari tema audio. Seperti audio untuk acara anak-anak, audio suara alam, atau bahkan mixing audio sendiri. Aneka softwere pengolahan audio bisa digunakan. Namun penggunaan alat-alat musik juga dapat menjadi tambahan dalam kalian nanti berkarya audio ini.

Mengapa bisa audio jadi salah satu ide menarik? jawabannya ada di bahasan podcast diatas. Format media seperti podcast nantinya akan membutuhkan audio-audio jingle untuk melengkapi editing podcast mereka. Belum lagi format video yang ada di youtube ataupun platform Video On Demand (VOD) lainnya.

Jual template Instagram post

Kebutuhan berbisnis secara digital pun semakin meningkat di tahun 2021 ini. Aneka akses digital dengan sosial media seperti instagram pun sedang banyak digunakan. Platform instagram kini menjadi platform untuk showcase aneka jualan dari aneka UMKM maupun perorangan. Bahkan sampai perusahaan besar yang sudah settle.

Bahkan sudah banyak studio desain yang hari ini fokus utamanya membantu diigital marketing dari bisnis yang ingin masuk pasar online. Dengan kerjaan desain utama mereka yang berupa postingan konten di instagram. Adapun kalau kamu start berkarya dari jualan template ini bisa dilakukan sendiri terlebih dahulu. Step lanjutnya kalian bahkan bisa membuat studio ketika sudah kewalahan sendirian/self-employed.

Nah kamu bisa nih buat aneka macam-macam ide desain untuk konten instagram. Seperti format 1:1 instagram yang berukuran 1080×1080 px. Sedangkan format story instagram 16:9 yang berukuran 1080×1920 px. Ada format yang lagi sering digunakan yaitu potrait yang berukuran 1080×1350 px. Adapun untuk landscape dari instagram 1080×608 px.

Kalian bisa menjual template dengan aneka macam-macam desain. Buatlah seperti bundle aneka gaya desain yang siap untuk di edit ulang dalam aneka format softwere. Seperti format Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Affinity Designer. Kamu juga bisa membuat macam-macam tema sesuai dengan bisnis yang akan menggunakanya. Seperti tema wedding, fashion, beverage, coffee shop, restaurant, media dan masih banyak lagi yang bisa kalian coba.

Baca juga:

Menjual artworkmu dalam bentuk merchandise

Menjual karya menjadi merchandise mengapa tidak? ini saatnya kalian terus berkarya dan hasilkan harya terbaikmu. Dari aneka karya seni tersebut dapat menjadi sebuah aneka merch. Apalagi industri POD (Print on Demand) lagi marak dapat kita temui. Sebut saja teepublic.com, tees.co.id, society6.com dan masih banyak lagi.

Adapun caranya kalian disuruh membuat karya seni digital dengan format png, svg atau eps. Dari file tersebut akan diolah oleh mereka sebagai desain untuk merchandisenya. Memperbanyak karya dan ciri khas sendiri akan menjadi nilai jual yang lebih nantinya.

Secara proses, karya kalian akan diolah menjadi bahan pakai atau produk merchandise seperti kaos, jaket, casing hape, notebook sampai bantal dan masih banyak lagi. Kalian pastinya dapat mengatur sendiri nantinya.

Dari sinilah kalian akan mendapatkan pembagian komisi dari setiap karya seni yang kalian pasang untuk dijual. Cari saja marketplace/website POD, ikuti trik dan tips dari platform supaya lebih sukses berjualannya.

Salam kreatif, selamat berkarya

beart.id

Leave a Comment