Blero ramaikan Graha Cakrawala UM dengan pertunjukan operet dan kentrung

Malang – Graha Cakrawala berhasil diramaikan oleh pertunjukan operet dan kentrung dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Blero Universitas Negeri Malang. Kegiatan akbar dari UKM Blero yang ditampilkan setahun sekali ini diselenggarkan pada kamis, 24 Oktober 2019. Acra yang berlangsung sejak pukul 19.00 tersebut dibuka dengan penyanyi-penyanyi dari mahasiswa yang ikut UKM Blero ini.

Yang menarik dari acara ini menampilkan Musik Kreasi, Kentrung Kreasi, dan Operet dengan lakon : Kentrung Jaka Tarub, Operet Alibaba. Blero mengolah pertunjukan dengan begitu asik dan menarik. Membawa kentrung yang merupakan kesenian asli Jawa Timur dengan dikreasikan oleh para anggota UKM Blero.

Penonton cukup penuh dan tertawa ramai menonton pertunjukan operet dan kentrung yang disuguhkan UKM Blero. Dimana para pemain diarahkan oleh para dalang untuk menampilkan kisah Joko Tarub di segmen pertama malam itu. Acara yang bertajuk “Malam Dongeng” ini berusaha melestarikan pertunjukan daerah Jawa Timur. Lewat kreasi yang ditampilkan dalam “Malam Dongeng” ini.

Baca juga : Mengenal kesenian ketoprak yang mengandalkan improvesisasi

Tokoh Joko tarub bersama Nawang Wulan.
Tokoh Joko tarub bersama Nawang Wulan.

Di segmen kedua menampilkan operet Alibaba yang berlatar negara Asia Timur. Menceritakan penjual kayu yang dikhianati oleh kakaknya sendiri. Namun, Alibaba masih melindungi kakaknya walaupun di akhir pertunjukan kakaknya meninggal karena dibunuh oleh perampok. Padahal perampok itu pada awalnya berniat membunuh Alibaba dan keluarganya sendiri.

Salam Kreatif, Selamat Berkarya

Beart Indonesia

Leave a Comment