Menu Tutup

Tayang! Dokumenter film “Nyanyian Akar Rumput” untuk aktivis Wiji Thukul

Poster film Wiji Thukul

Belajar tidak harus di bangku kampus atau sekolah tetapi bisa di mana-mana dan kapan saja: di perpustakaan atau membaca gelagat lingkungan atau apa sajalah pokoknya yang bisa mempertajam kepekaan penyair terhadap gerak hidup dirinya dan hidup di luar dirinya juga” dari pembukaan Wiji Thukul di buku Nyanyian Akar Rumput.

“Penyair haruslah berjiwa “bebas dan aktif”, bebas dalam mencari kebenaran dan aktif mempertanyakan kembali kebenaran yang pernah diyakininya. Maka belajar terus menerus adalah mutlak, memperluas wawasan dan cakrawala pemikiran akan sangat menunjang kebebasan jiwanya dalam berkarya. Dan fanatik gaya atau tema bisa dihindarkan sehingga proses kreatif tak terganggu.

Buku Nyanyian Akar Rumput
Potret buku Nyanyian Akar Rumput

Penyair, penulis, dan aktivis Wiji Thukul ialah contoh semangat pemuda dalam memperjuangkan hak-haknya di masa orde baru. Dalam film ini diangkat dari buku puisinya Nyanyian Akar Rumput.

Nyanyian Akar Rumput ialah Pemenang Piala Citra untuk Film Dokumenter Panjang Terbaik Festival Film Indonesia 2018. Film dokumenter ini dibuat selama kurang lebih empat tahun, mulai dari tahun 2014 hingga 2018. Mengikuti Fajar Merah (21 Tahun) putra Wiji Thukul – seorang sastrawan dan aktivis HAM yang “dihilangkan” pada tahun 1998 oleh Rezim Presiden Soeharto.

https://www.instagram.com/B7a03oJFZJl/

Film ini sudah rilis mulai kemarin (16/01) di berbagai bioskop Indonesia. Dengan tetap terbatas pada layar bioskop yang ada. Namun kalian dapat menyaksikan di daftar bioskop yang ada diposter diatas. Mari melihat geliat anak bangsa yang telah ikut andil dalam pergerakan negara demokratis. Supaya kita ikut melek dan mengawal peraturan-peraturan pemerintah yang berbau karet atau bakan menindas rakyat belaka.

Tanggal rilis: 16 Januari 2020 (Indonesia)

Sutradara: Yuda Kurniawan

Penghargaan: Piala Citra untuk Film Dokumenter Panjang Terbaik 2018, Piala Maya best documentary feature 2019


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *