Fajar Sandy Rilis Lagu Terbaru ‘Kembali Ke Rumah’ Karena Ingatkan Moment #dirumahaja

Fajar Sandy, musisi yang sebelumnya lebih dikenal aktif sebagai Gitaris dan Penulis Lagu dari band KOS ATOS. Tidak seperti biasanya, kali ini ia membawa kabar baru berupa perilisan single perdananya yang berjudul “Kembali Ke Rumah”.

Single ini telah tayang mulai 2 April 2020 melalui Kanal Youtube pribadinya. Dalam single “Kembali Ke Rumah” Fajar Sandy mencoba mengangkat isu sekitar yang akhir-akhir ini sedang dialami banyak orang.

Menurutnya, kondisi dirinya sendiri, keluarga dan rekan-rekannya merupakan inspirasi terciptanya lagu “Kembali Ke Rumah”. Dengan lirik untuk selalu ingat rumah tempat kembali.

“Lagu ini sengaja saya tulis dalam situasi yang mungkin tidak menguntungkan bagi orang-orang sekitar saya. Musisi dan lingkup kerja kreatif lainnya, masih banyak yang belum bisa menerima keadaan ini. Banyak banyak dicancel dan keadaan-keadaan tak menguntungkan lain, barangkali saya-pun demikian.”

ucap Fajar Sandy.

Dalam mengatasi peredaran Virus COVID-19 banyak sekali respon positif dari Influencer dan tokoh masyarakat lainnya melalui seruan tagar #DiRumahAja, #WorkFromHome di sosial media. Gerakan ini tentu saja mengacu pada instruksi pemerintah yang menghimbau semua orang untuk Bekerja, Belajar, Ibadah, dari rumah saja.


Baca juga:


“Segala bentuk keramaian saat ini ekstrimnya bisa dikatakan dilarang, saya kira ini berlaku dimana saja, termasuk disini, Kota Malang. Hal itu seolah membuat mati Kota Pendidikan ini, Café-cafe, Konser Musik dan Segala bentuk keramaian lainnya distop untuk sementara. Dan ya.. mau gak mau, ada resiko lain jika harus memaksakan untuk keluar disaat seperti ini.” Ucap Fajar Sandy.

Lebih jauh single ‘kembali ke rumah’ karya Fajar Sandy

Dalam karyanya ini, Fajar Sandy mengirimkan pesan baik berupa pendapatnya secara pribadi dalam hal menyikapi keadaan seperti sekarang ini. Ia berharap lagu ini menjadi bagian dari suasana Rumah pendengarnya, “bosan tentu saja, tapi alangkah bijak kita menyesuaikan diri saja. Melalui lagu “Kembali Ke Rumah” ini lah saya berbagi sudut pandang saya kepada rekan-rekan dimanapun berada. Sayapun berharap lagu ini bisa menjadi obat apa saja, penenang barangkali”, Ucapnya.

Untuk proses penggarapan lagu “Kembali Ke Rumah” Fajar Sandy menggandeng Decky Anugrah, seorang keyboardist dari Band PeaterSally (Malang), dalam prosesnya, mereka kerjakan dengan eksekusi yang unik.

Proses rekaman itu dijalin dengan jarak jauh, begitu pula dengan mixing-mastering, Fajar Sandy mempercayakan kepada Eka Catra dari Creatorikos Audio-Visual. Sebuah upaya penerapan konsep Work From Home sedari dini.

“Jadi ya begitu, lagu ini benar selesai atau beres ya merupakan hasil dari bentuk nyata dari tagar #WorkFromHome itu. Decky Rekaman Sendiri, Saya rekaman sendiri, dan Mixing-Masteringnya pun file audio ini harus terlempar Jauh ke Luar Kota. Karena kebetulan Eka Catra Waktu itu Sedang pulang kampung ke Sidoarjo”

Pungkas Fajar Sandy.

Decky selaku player dalam proses lagu ini punya pandangan sendiri tentang lagu ini seperti “Tempat Kembali”, artinya kita benar-benar merasakan rasa apa saja, syukur tentunya, ketika berada dirumah. Lebih jauh dapat bersyukur berkumpul dengan keluarga dirumah. Untuk yang masih diperantauan bisa ikut menyepi kan terlebih dahulu juga dirumah.

Visual pendukung single Kembali Ke Rumah karya Fajar Sandy

Yang paling pamungkas, Fajar Sandy menggandeng Nadira Ayu Safitri dan Ricki Hartanto dari segi Visual, mereka berdua merupakan mahasiswa Design Komunikasi Visual di Universitas Negeri Malang. Nadhira tertarik karena kebetulan ketika mendengar sample awal lagu ini jadi merasa begitu penting lagu ini disampaikan,

“keprihatinan, keresahan, apa yang dialami semua orang-lah, apa yang disampaikan dalam lagu bener-bener masuk dan sesuai dengan apa yang dirasakan”

Ucap Nadira

Nadhira ikut menambahkan jikalau ia seolah dapat peringatan mendengarkan lagu “Kembali Ke Rumah”, “Awal lagu masih normal, menggambarkan keadaan, pada suatu bagian, pada bagian lirik “Kini Waktuku untuk sebuah nama, yang ku dan kau sebut sebagai Rumah”, semacam menemukan Hikmah dari keadaan ini semua”, Tutupnya. Lagi ini bagai sebuah magic yang dapat menusuk bagai obat bagi pendengarnya. Mengobati rasa sakit dengan obat nikmat dari Fajar.

Sebagai penutup Lagu “Kembali Ke Rumah” ini bisa dinikmati melalui kemasan Animasi lewat Youtube Fajar Sandy, dan juga bisa didengarkan di platform digital lainnya seperti Spotify, Itunes, Joox dan lainnya.

Credits Audio & Visual

Song Tittle : Kembali Ke Rumah
Lyric/Song : Fajar Sandy https://www.instagram.com/fjrsandy/
Artist : Fajar Sandy https://www.instagram.com/fjrsandy/
Music Arr : Decky Anugrah https://www.instagram.com/deckyapp/
Audio Mixing-Mastering : Eka Catra https://www.instagram.com/eka_catra/
Artwork, Visual/Video : Nadira Ayu Safitri https://www.instagram.com/xxdira/& Ricki Hartanto https://www.instagram.com/rickihartanto/

Lirik dari Fajar Sandy – Kembali Ke Rumah


[Verse I]
Berhari-hari telah terlewati
Entah sampai kapan tak diketahui
Berbekal cinta kita peduli
Keadaan ini harus dinikmati

[Verse II]
Kita memang tak baik-baik saja
Kemungkinan itu jadi apa saja
Kita bersiap untuk segala
Hanya kita yang mampu obati Luka
Hanya kita yang mampu sembuhkan lara

[Bridge]
Mencoba untuk tenangkan diri
Melawan intuisi
Yang sebenar-benarnya belum teratasi
Belum teratasi

[Reff]
Kembali ke pangkuan yang kau sebut rumah
Kembali ke asal dimana kau ada
Untuk rasa cinta kau harus merebah
Dari sgala bising yang terbiasa menjamah

Ending
Kini waktuku untuk sebuah nama
Yang ku dan kau sebut sebagai rumah


Salam kreatif selamat berkarya

Beart.id

Leave a Comment