Menu Tutup

Grafis Desain Untuk Maskot Hingga Branding

cover desain grafis beart 2

Dalam artikel ‘Desain grafis itu kerjaanya gini loh’ sudah banyak disinggung aneka karya yang bisa dihasilkan dalam desain grafis. Dengan ilmu grafis yang kalian miliki, sekarang kalian dapat meningkatkan lagi dengan pengalaman atau mencoba membuat karya desain baru. Mulai dari desain grafis untuk maskot, poster, cover buku hingga visual branding identity. Skuy kita simak penjelasannya dibawah ini:

Grafis Desain – Maskot Desain

Maskot desain-beart

Dalam keberlangsungan Maskot desain, dapat kita temui sebagai branding dari suatu institusi, event, wilayah dll. Maskot desain pun tidak dapat hidup dengan sendirinya, karena harus ada branding yang sudah ada terlebih dahulu. Mengapa demikian ? Balik lagi fungsi maskot ialah sebagai media pendukung dalam promosi untuk mengingkat awareness suatu brand atau institusi.

Seperti contoh diatas ialah maskot Kota Malang yang bernama Osi (iso-jawa) dan Ji (Siji-Jawa). Dengan ilustrasi dari seekor singa berambut daun sebagai Osi dan Ji yang merupakan seekor burung Manyar yang bersarang di rambut Osi. Contoh lainnya maskot desain dari Universitas Brawijawa (UB) yang bernama Brone. BRONE memiliki konsep sebagai robot pendamping yang menjadi pemandu informasi. Dia mampu belajar dan terus berkembang dengan semangat perguruan tinggi yang diusung oleh UB.


Baca juga:


Grafis Desain – Desain Poster

Poster Desain - beart

Poster desain terbilang eksis di zaman internet belum booming seperti ini. Dalam kebergunaanya poster bisa menjadi sebagai media propaganda, promosi dan mengangkat isu. Dengan pengaplikasian di print dan bisa juga secara online. Konten visual yang tersedia di internet atau sosmed hari ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai poster pula. Dengan syarat tetap memberikan informasi yang diangkat atau disebarluaskan.

Dengan kategori desain 2 dimensi, Poster biasanya digunakan untuk promosi suatu event musik, pertunjukan, talkshow, promosi usaha atau brand, unjuk rasa, media kritik dan masih banyak lagi.

Grafis Desain – Desain Cover Buku

Desain Cover Buku - cover beart

Dalam aneka buku cetak dalam penerbitan amat banget butuh tampilan cover buku yang menarik. Tentunya keahlian desain cover buku menjadi peluang yang besar dalam keberlanjutan industri penerbitan. Penerbit indie maupun mayor dapat dengan menghubungi desainer secara individu dan bisa juga memiliki desainer sendiri. Namun banyak juga desainer lepas yang sudah fokus dalam industri kreatif desain cover buku.

Grafis Desain – Visual Branding

Visual Branding - cover beart

Visual Brand Identity adalah cara bagi suatu perusahaan atau institusi untuk mengenalkan dan meningkatkan awareness brand lewat suguhan visual dari mereka. Dengan tujuan lain untuk menaruh perhatian lebih konsumen mereka dengan pendekatan konsep visual yang diangkat.

Seperti contoh diatas Visual Branding Identity dari bekraf.go.id (Badan Ekonomi Kreatif) milik pemerintah. Visual branding tersebut dikerjakan dengan bagus oleh Thinkingroom Studio. Pengerjaan yang tidak sembarang dengan disertai aneka turunan grafis yang menandai badan ini memang bergerak untuk meningkatkan Ekonomi Kreatif Indonesia.


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *