Menu Tutup

Hari Aksara Internasional dalam Literasi direspon oleh Karya Lettering Misbah di Beart Kalender 2020

hari aksara beart kalender

Memasuki bulan September kita akan disugukan karya Lettering dari Misbah. Menekuni ilustrasi hingga gaya huruf lettering dan graffity membuat kami mengajak Misbah untuk ikut kontribusi dalam Beart Kalender 2020. Dengan merespon hari Aksara Internasional yang diperingati setiap bulan September.

Hari Aksara Internasional atau Hari Melek Huruf Internasional adalah perayaan yang diperingati setiap tanggal 8 September. Sebuah gerakan yang dideklarasikan UNESCO pada 17 November 1965. Perayaan ini menjadi sebuah bagian untuk peringatan menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat. Seperti yang kita ketahui dalam arus informasi yang serba cepat dengan internet ini bakal menjadi beban besar jika masih ada masyarakat yang buta literasi atau baca tulis.

Lebih jauh tidak hanya baca-tulis, melainkan memahami dengan betul membaca informasi yang ada hingga menulis dengan pemahaman yang baik. Sebuah kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki dan sangat bisa sekali dipelajari mulai sekarang. Tanpa ada kata terlambat sedikit pun pastinya.

Tanya jawab seputar Karya Lettering Misbah untuk Hari Aksara Internasional

Kapan anda mulai berkarya?

Mulai berkarya sejak kecil dan mulai serius di dunia gambar mulai setahun terakhir.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa?

Untuk sementara ini banyak eksplor di illustrasi dan graffiti.

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Dalam mengeksekusi karya untuk beart, saya mendapat kesempatan bulan September yang pada bulan itu terdapat hari Aksara Internasional.Tema dalam pembuatan karya saya yaitu tagline “Membaca untuk Merawat Bangsa” dengan visual orang tua yang sedang membaca memberi sebuah pesan bahwa di zaman sekarang dimana literasi mengalami sebuah penurunan. Membaca menjadi sebuah kegiatan yang berpengaruh penting dalam melalui zaman yang semakin maju dengan informasi-informasi yang semakin random.

Hari ini seperti tanpa adanya bekal bacaan yang cukup kita akan mudah terpengaruh terhadap informasi baru yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Mengajak kembali orang-orang untuk membaca dan menilik kembali history di zaman dahulu dengan bacaan. Semoga mampu menambah wawasan buat kita dan menjadi bekal buat menjalani hidup dijaman yang serba cepat ini.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah air?

Harapan untuk pergerakan dunia kreatif seni & desain semoga semakin masif dan diapresiasi banyak kalangan.

Hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq – Malang, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.


Salam Kreatif Selamat Berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *