Menu Tutup

IKAPI Selenggarakan Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2019

IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) kembali selenggarakan IIBF atau Indonesia International Book Fair dengan tema “Empowering Creative People in a Creative Way” di tahun 2019 ini. IIBF sendiri ialah pameran buku tahunan yang diselenggarakan oleh IKAPI yang tahun ini bertempat di Jakarta Convention Center. Acara yang berlangsung mulai dari 4-8 September 2019 ini akan sangat mendukung semangat literasi untuk masyarakat Indonesia. Dilansir di situs Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2019 dihadiri oleh lebih dari 1.650 penerbit terdaftar sebagai anggota IKAPI (Asosiasi Penerbit Indonesia).

Ada sekitar 40.000 judul baru diterbitkan setiap tahun di mana sebagian judul diperoleh melalui pembelian hak dari seluruh dunia. Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) menjadi pusatnya kegiatan perbukuan berupa promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi antar penerbit, penulis, pustawakan, dan pegiat literasi lainnya.

Indonesia internasional book fair (IIBF) adalah titik pertemuan, acara strategis dan bergengsi bagi peserta pameran untuk mempromosikan sastra, seni, budaya, dan semua konten kreatif lainnya, melalui lisensi hak dan cara kerja sama lainnya. acara yang telah dilaksanakan ke 39 kalinya ini dihadiri oleh berbagai tamu dari negara-negara lain untuk dapat membuka pasar global bagi penerbit lokal.

Jika diamati dengan seksama, acara pameran buku semakin ramai di berbagai daerah. Dengan menemukan berbagai penerbit dalam lautan buku untuk dibeli oleh para pemburu ilmu. Aneka diskon, creative talk, hingga playfull disuguhkan untuk menarik para pembaca. Tujuan lainnya demi menyuburkan industri kreatif penerbitan buku dan budaya literasi.

IKAPI setiap tahunnya juga memberi award kepada para penulis yang dikenal dengan Ikapi Awards. Secara konsisten IKAPI sadar bahwa laut perbukuan yang pasang surut tetap memiliki ombak gairah karena dukungan dan semangat banyak pihak untuk menggalakan budaya literasi.

Pada acara pembukaan IIBF 2019, panitia mengumumkan empat peraih IKAPI Awards 2019. Para pejuang literasi itu adalah :

  1. Writer of the Year: Marchella FP (NKCTHI)
  2. Book of the Year: Henry Manampiring (Filosofi Teras)
  3. Literacy Promoter: Firman Vanayaksa
  4. Rookie of the Year: Fiersa Besari (11:11)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Marchella FP dengan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) meraih IKAPI awards dengan kategori penulis terbaik. Buku yang menjadi fenomena di Tanah Air ini sukses terjual 120 ribu eksemplar dan berada di jajaran 10 besar lebih dari 8 bulan lamanya.

Penghargaan NKCTHI dari IKAPI award (foto : Instagram marchella)

NKCTHI termasuk novel flash fiction yang dibuat berdasarkan kumpulan pengalaman banyak orang. Dengan menggunakan medium instagram @nkcthi berhasil menggaet minat pembacanya. Marchella yang juga seorang ilustrator dan lulusan DKV ini pertama kali menggunakan buku sebagai mediumnya dalam berkarya. Dia mengerjakan buku pertama generasi 90’an yang juga menjadi skripsi tugas akhirnya untuk menyelesaikan kuliah Desain Komunikasi Visual.

Dalam novel ini menceritakan seorang Ibu bernama Awan. Seorang ibu yang ingin menyampaikan pesan kepada anak dan cucunya di masa depan dengan membuat sebuah surat. Untaian tulisan ditulis oleh Marchella dengan penambahan ilustrasi yang ciamik. Menggaet pembaca anak muda yang aktif di instagram, setiap postingan dengan ilustrasi dan sajian kata self improvement ini berhasil mengantarkan Marchella mendapat IKAPI awards 2019.

Berikut beberapa foto dari isi buku NKCTHI :

Untaian kata diatas yang dicuplik dari buku NKCTHI dapat mengingatkan kita semua sebagai manusia. Menyadari diri sendiri sepenuh hati dan memperbaiki diri selalu. Mengingatkan kita untuk tidak mudah baper dalam bertindak sosial dengan aneka manusia di bumi. Tetap santuy dengan permasalahan di bumi, karena ya memang bukan kamu sendiri yang hidup.

Manusia memang memiliki kodrat untuk merasa tidak puas. Namun, kita harus bisa mengendalikannya dengan sepenuh hati dan berusaha selalu untuk bersyukur atas apa yang diperoleh. Merasa cukup dan tahu diri atas kendali dirimu sendiri.

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

1 Comment

  1. Pingback:"Awan" dari NKCTHI akan segera menemanimu di bioskop. - Beart Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *