Ilustrasi Hari Kesetiakawanan oleh Rizki Nugroho yang jatuh pada 20 Desember 2020

Di bulan Desember ini kita akan merayakan banyak peringatan, seperti Hari Anti Korupsi Internasional, Hari HAM Internasioanal sampai dengan Hari Kesetiakawanan. Tepatnya di bulan Desember dalam beartkalender 2020 terdapat karya ilustrasi Ilustrasi Hari Kesetiakawanan dari Rizki Nugroho.

Tanggal 20 pertama kali dijadikan sebagai Hari Sosial yang pertama kali dicetuskan pada tanggal 20 Desember 1958 oleh Menteri Sosial kala itu. Kemudian pada tanggal 1976 Hari Sosial diganti menjadi Hari Kebaktian Sosial dan pada 20 Desember 1983 Hari Kebaktian kemudian diganti menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Ilustrasi Hari Kesetiakawanan Logo HKSN 2020
Logo HKSN 2020

Tepat pada tanggal 20 Desember 2020, Pemerintah lewat Kemensos merilis logo Hari Kesetiakawanan. Bisa jadi Pandemi yang lagi menimpa dapat meningkatkan kesetiakawanan kita pada tetangga, kawan dan kawan jauh lainnya yang tertimpa musibah ini.

Pertemanan yang baik sudah barang tidak lazim disekitar kita. Menumbuhkan dan membentuk lingkup kesetiakawanan amat perlu untuk kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik. Gimana dengan kalian nih, kali aja ada rencana refreshing sama teman-temanmu. Sebelum terlambat kan ya 😉

Ilustrasi Hari Kesetiakawanan oleh Rizki Nugroho beartkalender
Ilustrasi Hari Kesetiakawanan oleh Rizki Nugroho beartkalender

Baca juga:

Proses karya Ilustrasi Hari Kesetiakawanan oleh Rizki Nugroho

Kapan anda mulai berkarya?

aku mulai berkarya waktu SMA sih, lagi awal-awalnya kenal Photoshop. Dulu iseng-iseng buat gambar dari nama temen-temenku sekelas SMA. Mungkin kalau di dunia desain bisa dibilang lettering kali ya.

Lagi menekuni karya/gaya desain/ilustrasi seperti apa?

Yang lagi aku tekuni sih ya itu kolase ilustrasi, kalo spesifiknya gabisa spesifik soalnya emang campur-campur gayanya. Tapi untuk desain sekarang lagi mendalami layout dan branding sih (tuntutan kerja juga). hehehe

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Mungkin sama seperti karya-karyaku yang lain. Prosesnya ini sih yang cukup unik, yaou itu h-3 deadline aku baru ngeh kalo harinya harus spesifik. Jadi aku rombak lagi ide yang awal mula ku buat, enggak ngerombak total sih hanya modifikasi gambarnya aja sama nambahin objek-onjek yang aku butuhin dan jadilah seperti yang dapa kalian liat di beart kalender 2020.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah?

Kalau untuk harapan sih mungkin hampir sama kaya orang lain, bisa menyebar ke semua lapisan masyarakat. Paling nggak untuk membantu perekonomian yang saat ini lagi cukup menyulitkan bagi yang terdampak pandemi. Apalagi lagi masa-masa ini semua harus mulai bisa berpikir kreatif.

Perlu diketahui, hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.

Leave a Comment