Menu Tutup

Ilustrasi Hari Pahlawan dan Guru Nasional karya Duniafrans – beartkalender 2020

Ilustrasi Hari Pahlawan

Bulan November kita mendapat suguhan ilustrasi yang lagi fresh dalam perayaan Hari pahlawan dan Hari Guru Nasional. Kali ini, ada karya Frans Sitanggang atau akrab disapa Duniafrans dalam instagramnya. Dimana setiap tanggal 10 November, masyarakat Indonesia pada umumnya akan memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk hormat dan terima kasih kepada pahlawan yang telah gugur.

Hari Pahlawan sendiri berawal dari peristiwa pertempuran Surabaya yang mana puncaknya pada tanggal 10 November 1945.

Tidak hanya Ilustrasi Hari Pahlawan saja, Frans juga menggabungkan aneka perayaan dalam bulan November dalam Ilustrasinya. Seperti unsur anak-anak, tanaman dan bunga, sosok ayah dengan anaknya, hingga unsur ikonik keanekaragaman indonesia lewat tempat ibadah macam-macam agama.

Semua unsur tersebut menjadi komponen menarik yang dapat menghiasi beartkalender 2020. Tepatnya menghiasi bulan November tahun 2020 ini.

Wawancara dengan Duniafrans atas karya Ilustrasi Hari Pahlawan dan Guru Nasional dalam beartkalender 2020

Bulan Desember 2019 menjadi awal proyek beart kalender 2020 disusun. Serta dibuat dengan mengajak 12 para seniman dan desainer dengan inisiator beart.id yang berkolaborasi dengan Sugarnuts Creativespace. Duniafrans merupakan salah satu ilustrator yang terlibat didalamnya. Kami pun ikut tertarik dengan proses kreatifnya saat berkarya, hal tersebut pu membuat kami mewawancarainya lewat daring. Dan untuk hasilnya, mari simak obrolan sikat dibawah ini:

Kapan anda mulai berkarya?

Kalau untuk berkarya, bisa dibilang sejak sekolah dasar ya, kak. Di mana masih berkarya sebagai hobi. Kalau berkarya secara serius atau pro, dimulai tahun 2017 setelah lulus kuliah dan kerja fulltime.


Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa?

Untuk saat ini masih fokus di karya ilustrasi aja. Cuman, memang lagi banyak explore untuk style-nya. Kayak sekarang lagi coba untuk ngelatih ilustrasi menggunakan vektor. Karena entah kenapa kebutuhan ilustrasi vektor juga lagi naik banget ternyata. Kalau pun digital painting, lagi belajar untuk detailing nature gitu.

Baca juga:


Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Sangat menarik nih. Karena saya dibebaskan mengilustrasikan menggunakan style yang saya punya mau pun tema apa yang akan diangkat. Nah, untuk ilustrasi yang saya buat memang ingin memvisualkan beberapa perayaan di bulan November tapi dalam satu kesatuan cerita gitu. Dengan temanya “Keberagaman Dalam Persatuan”.

Di bulan November itu ada Hari Ayah dan Hari Pahlawan, ini saya bentuk jadi satu sosok Ayah yang ditunggu-tunggu anaknya sebagai Pahlawan. Lalu, ada visual guru sedang bercerita dengan anak-anak di mana ada keberagaman yang terlihat di anak-anak tersebut.

Nah, ini menandakan ada Hari Anak-Anak Sedunia, Hari Dongeng. Terakhir, ada banyak tangan yang ingin menanam juga beberapa ilustrasi daun. Ini menunjukkan bahwa ada Hari Pohon dan Hari Menanam Pohon di bulan November. Begitu, kak.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah?

Semoga semakin lebih baik lagi. Semakin dihargai untuk para pekerja seni kreatif. Juga semakin solid dan mendukung satu sama lain. Apalagi kalau ada dukungan dari pemerintah atau kemenparekraf tentang pelaku seni, ini akan sangat amat dihargai juga tentang karya-karya yang sudah kami hasilkan.

Hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.

Lihat postingan ini di Instagram

→ Ini loh keseruan Lokakarya Rajut bersama @sugarnuts_creativespace , dengan peserta adik-adik dari Panti Asuhan At-Taufiq. Besar harapan kami dapat menambah keterampilan mereka dan mandiri kelak. Semoga bermanfaat dan pendampingan selanjutnya dapat dengan lancar pula. Amiiin 🌻 Do'akan ya 😊 . Dan terimakasih semua yang telah membeli #beartkalender2020 , para partisipan, serta para seniman dan desainer yang telah ikut berpartisipasi dalam rangkain acara #beartberbagi semoga kebaikan kalian dibales dengan yang baik pula 🌻 . Foto oleh @sugarnuts_co — Sampai jumpa di #beeventsart selanjutnya ya 🙌 . — #beartinspirations #beartid #beautifulartid #mediadesain #mediaseni #idekreatif #news #information #education #art #design #mediakreatif #lokakarya #rajut #beartberbagi #beartkalender2020 #ekonomikreatif #ketrampilan #anakpantiasuhan #attaufiq #malang

Sebuah kiriman dibagikan oleh Beautiful Art (BeArt) (@beart.id) pada


Salam Kreatif Selamat Berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *