Menu Tutup

Ilustrasi karya Tasnim Aina untuk merayakan Hari Batik Nasional untuk beartkalender 2020

hari batik nasional

Dalam rangka Hari Batik Nasional, ilustrasi batik dalam beart kalender 2020 dibuat oleh Tasnim dengan background batik parang dan tentang kisah Sultan Agung. Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Dewasa ini, setiap tanggal 2 Oktober selalu kita peringati bersama. Batik sendiri merupakan kumpulan pattern-pattern telah menjadi kekayaan budaya yang akan selalu kita banggakan bersama.

Batik sendiri telah terdaftar dengan status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia, tepatnya pada 4 September 2008. Pengajuan itu pun membuahkan hasil bagi pemerintahan saat Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono menjabat kala itu.

Tepat di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009, Batik dikukuhkan dalam Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO.

Pemerintah Indonesia melalui Kepres No 33 Tahun 2009 menetapan hari Batik Nasional sebagai upaya apresiasi bersama dan menjadi kebanggan bersama kita semua. Pemakaian Baju Batik pun biasa kita rayakan dalam Rangka Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Tanya jawab seputar Karya Ilustrasi dari Tasnim untuk Hari Batik Nasional

Kapan anda mulai berkarya?

Saya mulai menggambar sejak TK sih, medianya kalo gak buku gambar ya tembok. Tapi mulai serius setelah SMP karena suka dimintain temen2 bikin komik buat majalah sekolah, mading, atau acara-acara sekolah. Lalu masuk ke dunia digital art setelah masuk SMA.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa?

Style saya masih di seputaran flat design dan illustrasi bergaya kartun. Tapi tergantung juga dengan permintaan, concern saya tetap komik sih walaupun di kehidupan nyata banyak permintaan nya desain grafis hehe.

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Pengalaman saya waktu mengerjakan karya beartkalender itu lumayan berkesan sih. Saya mengerjakan bulan november waktu saya mendadak menemui banyak kendala. Namun, tiba-tiba juga bulan itu dipertemukan orang baik, Alhamdulillah tetap bisa terlaksana. Mengingat oktober adalah hari batik sedunia, saya terinspirasi oleh kisah dibalik batik parang, tentang Sultan Agung yang mendapat inspirasi saat meditasinya di Pantai Selatan Jawa, dan mendapat ilham dari fenomena berupa gelombang besar yang memecah karang hingga rusak.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah air?

Harapan saya semoga banyak di indonesia yang mengembangkan pendidikan dan edukasi di bidang seni, sehingga semakin banyak peminat nya dan semakin terfokus. Karena di indonesia masih kurang rasa penghargaan dan apresiasi seni. Semoga industri kreatif di indonesia semakin maju melihat banyaknya potensi yang sebenarnya kita punya.

Hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq – Malang, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.


Salam Kreatif Selamat Berkarya

beart.id

4 Comments

  1. Ricky Satria Kusuma

    Bagus banget budaya seperti ini patut kita lestarikan karena warisan budaya nenek moyang harus kita banggakan jangan malu pakai batik orang luar aja suka masa kita sebagai putra/putri negeri sendiri malu .. lestarikan lah budaya kita

  2. Salma

    Keren bangettt karyanya! Ikut berpartisipasi dalam melestarikan batik Indonesia. Semangat dan terus berkarya yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *