Menu Tutup

Ilustrasi Kolase Hari Buruh, Memperingati May Day Karya Benigno Adib Di Beartkalender 2020

kalender may

Setiap memasuki bulan Mei kita akan memperingati Hari Buruh yang biasa disebut dengan May Day. Hari Buruh ini juga galangkan para buruh di seluruh dunia. Diperingati secara Internasional untuk memperhatikan Kesejahteraan buruh dibelahan dunia manapun. Beart.id ikut juga memperingati dalam beart kalender 2020, dimana bulan Mei terdapat karya dari Benigno Adib.

Termasuk para pekerja Kreatif yang juga tak lepas dari banyaknya ancaman ketidakadilan dalam bekerja. Di Indonesia sendiri terdapat Solidaritas pekerja untuk mendorong ekosistem kerja yang manusiawi, adil, dan berkelanjutan di tengah kerentanan ekonomi digital. Solidaritas ini berserikat bersama dengan nama SINDIKASI.

Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif (SINDIKASI) untuk Demokrasi menaungi buruh dalam sektor banyak profesi. Semua itu membentang di sekujur sektor berikut: jurnalis di industri media, pekerja di bidang pengembangan aplikasi, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, industri tata busana, film, animasi, juga video. Mereka yang berada pada lini riset sosial, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi, radio, serta desain interior juga menjadi bagian dari pekerja yang berada dalam arus utama industri ini.

Dalam Manifesto Sindikasi.org menjelaskan jika para pekerja di sektor ini tak boleh terlena di kala negara menggaungkan ambisi besarnya. Yang mana ingin menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara melalui ekonomi kreatif dan digital sebagai tulang punggung utama. Target pemerintah pun tak main-main: 130 miliar dollar Amerika Serikat pada tahun 2020.

Dalam euforia ini, SINDIKASI mengajak kita untuk mewaspadai kemunculan berbagai masalah ketenagakerjaan serta kesejahteraan jutaan pekerja dalam pusaran industri ini. Masalah kerja berlebih, jam kerja yang menggilas batas wajar, ketiadaan standar dalam hubungan kerja yang lentur, ketidakpastian kontrak kerja, pemagangan tanpa upah, outsourcing tanpa jaminan hukum, pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak, serta ketiadaan perlindungan jaminan sosial. Semua itu adalah beberapa masalah yang harus menjadi fokus perjuangan para pekerja media dan industri kreatif.


Baca juga:


Sesi Tanya Jawab dengan Benigni Adib dalam ilustrasi Hari Buruh (May Day) di beartkalender 2020

Pada kesempatan kali ini, beart.id mendapat kesempatan untuk bertanya langsung dengan Benigno Adib. Ilustrator yang terbiasa akan karya Kolasenya, dimana ia kebagian bulan Mei untuk menuangkan karyanya dalam Beartkalender2020. Berkolaborasi dengan Benigno Adib menjadi pengalaman yangs seru juga bagi kami. Dengan karya kolase yang digunakan untuk bulan Mei ini.

Hari buruh atau May Day dijadikan point utama dalam karya ini. Tak terbatas pada hal itu, tanggal 2 Mei kita juga akan merakan Hari Pendidikan Nasional. Sejalan menyuarakan edukasi Seni dan Desain yang beart.id suarakan selama ini. Mari kami ajak untuk ikut membaca hasil wawancara kami dengan Nino, mari menyimak

Kapan anda mulai berkarya ?

Kalo mulai berkarya, sejak kecil sudah coret-coret tembok rumah

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa ?

Sekarang lagi menekuni kolase analog dan digital, selain itu juga sering mencoba style swiss design

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender ?

Untuk eksekusi karya beartkalender, kolase yang dikombinasikan dengan scribble. Coretan scribble disini saya gunakan untuk menuangkan pesan dari tema yang dipilih (May Day).

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah air ?

Untuk pergerakan industri kreatif, menurut saya proses itu bagian penting dalam berkarya. Jika kita menganggap di ekosistem industri kreatif saat ini di tanah air saat ini belum dewasa, percayalah banyak pegiat kreatif yang sedang berproses diluar sana.

Perlu diketahui, hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *