Menu Tutup

Inacraft: Ajang Pelaku Ekonomi Kreatif Pasarkan Aneka Produk Lokal

Inacraft 2020- cover beart

Indonesia hari ini lagi berbondong-bondong mengangkat ekonomi kreatif menjadi salah satu andalan ekonomi terbarunya. Mulai dari lahirnya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) hingga digabungkannya badan ini dalam kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Disisi lain, INACRAFT 2020 menjadi salah satu pasar kerajinan tangan yang hadir untuk mengayomi pelaku kerajinan tangan dalam skala Internasional.

Gairah besar tersebut digaungkan juga oleh pemerintah lewat bekraf dalam forum wcce.id. Dimana dalam forum itu Bekraf memiliki visi membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada tahun 2030. Sehingga dengan adanya International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ini diharapkan dapat lebih mengenalkan dan meningkatkan daya jual produk lokal.

Kalau ingin bersaing dengan industri canggih, kita akan kalah dengan Jerman dan China. Tapi dibidang Ekonomi Kreatif ini, besar peluangnya kita akan jadi pemenang!”

Mengutip Ucapan pak Jokowi dalam Opus 2019.

INACRAFT mejajarkan aneka Kerajinan Indonesia, seperti: Batik, Produk Tenun, Mode & Bordir, Alas Kaki, Tas & Barang Perjalanan, Perhiasan & Aksesoris, Peralatan Rumah Tangga & Peralatan Rumah Tangga, Barang Hadiah, Barang Hias, Mainan & Game. Eksistensi pasar seperti ini harus tetap terjaga dan terus diciptakan di daerah-daerah lain yang potensial. Seperti pasar tradisional asli dari Bali yaitu kuta art market, kumbasari art market, guwang art market dan masih banyak lagi.


Baca juga:


Ditinjau dari Tirto.id, INACRAFT 2019 diikuti oleh 1.700 peserta pameran, yang terdiri dari 26% binaan dinas-dinas daerah, 9% dari kementrian/BUMN, dan sisanya 66% adalah peserta independen atau perseorangan yang ikut merayakan pasar raya produk kerajinan tangan ini. Selain itu, INACRAFT ke-21 untuk pertama kalinya dihadiri paviliun Luar Negeri dari negara Maroko, Pakistan, Jepang, Hongkong, dan Polandia.

Ikut kenalkan Aceh dalam INACRAFT 2020

Diselenggarakan oleh ASEPHI dan Meditama, dimana Inacraft 2020 hadir selama 5 hari, dimulai dari tanggal 15 – 19 April 2020 di Jakarta Convention Center. Tahun 2019 kemarin mengangkat miniatur Jakarta dan aneka budayanya sebagai tema. Ditahun ini, Inacraft 2020 menjadikan miniatur provinsi yang indah di bagian barat Indonesia akan hadir sebagai ikon INACRAFT di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada 15-19 April 2020.

Diceritakan Inacraft dalam situs mereka, dimana sasaran pemerintah Aceh membuat mereka termotivasi untuk berkontribusi pada pembangunan Aceh melalui pameran INACRAFT 2020. Dalam pameran ini mereka juga akan membawa produsen, pengusaha kerajinan tangan dengan pemerintah provinsi Aceh untuk ikut dapat mempromosikan karya kreatif Kerajinan tangan Indonesia.

“The Beauty of diversities in west of Sumatera”

Tema besar INACRAFT 2020

Simbol provinsi Aceh, yang memiliki filosofi hidup rakyat, sangat berpengaruh dalam seni dan kerajinan, budaya dan komoditas yang dihasilkan. Aceh memiliki berbagai sumber daya alam, salah satunya adalah gas alam dan minyak bumi adalah penyumbang devisa yang besar. Wisata Aceh tidak kalah menariknya, wisatawan semakin antusias untuk mengunjungi dan menikmati keindahan kawasan ini.


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *