Jadi Profesional dengan 4 Profesi Desainer Grafis, produktif kuy

Suka gambar, coret-coret kertas buku pelajaran atau bangku sekolah ya ? mungkin anda termasuk calon desainer grafis. Bukan desainer gratis loh ya, oke kembali ke Desainer Grafis dan kali ini kalian harus meningkatkan kemampuan ya, dengan belajar pastinya.

Jangan sampai baru belajar kemarin sore dah berani patok harga selangit, apalagi uang Rupiah nggak bisa di samain dengan uang Dollar ya.

Daripada mikir cuan mending banyakin karya dulu yuk. Ubah semua coret-coretmu ke medium karya lain. Desain grafis yang kamu kuasai usahakan jangan hanya berbasis bisa pakek Photoshop, Ai, Corel ya apalagi pakek Canva doang. Tidak salah kok, namun harus diperluas ranah keilmuannya.

4 profesi untuk kalian yang memiliki ilmu Desainer Grafis

Dikutip dari buku Tinjaun desain grafis dari revolusi industri hingga Indonesia kini Hlm. 21., menceritakan awal kemunculannya desain itu sebagai ilmu terapan (applied art), untuk membedakannya dengan seni murni (fine art atau pure art).

Pada masa itu perancangan sebuah iklan dilakukan oleh seniman. Salah satu tokoh seniman yang sering dijadikan acuan untuk proses pembuatan iklan adalah Henri de Toulouse-Lautrec (1864-1901). Namun dalam perkembangannya yang semakin pesat, proses spesialisasi yang memisahkan seni terapan menjadi sebuah bidang profesi tersendiri yang dinamakan “desain”.

Seyogianya jika mengetahui desain seperti itu, maka grafis bisa dikatakan aneka elemen visual dalam proses desain. Jika kalian menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw itu hanya alat, namun memang alat ini amat dapat membantu kita dalam membuat kebutuhan desain grafis.

Lantas kalau sudah jago bikin grafis di aneka alat-alat tadi dan tak lupa tau akan keilmuan desain grafis kita bisa apa? ya bisa banyak ujankkk, ingat ya hari ini menjadi profesi desain grafis dan ada undang-undang RI yang mengaturnya~ jadi gak usah takut mertua nolak kamu, uhuy.

Aneka kerjaan yang bisa kalian lakukan dan kalian pelajari akan kemampuan desain grafismu tidak hanya bikin logo aja, ehe. untuk lanjutannya ini cek disini ya. Sekuy

User Interface (UI) Designer

UI desain
UI Design

User Interface Design hari telah menjadi suatu bidang profesi tersendiri dan terspesif6ik tugasnya. Mengerjakan tampilan muka dari suatu website atau Apps. Tak heran profesi ini lagi banyak yang nyari. UI Design dapat kalian lakukan jika memang elemen desain grafis kalian sudah bisa.

Baca juga:

Dalam mengerjakan UI Design ini kalian akan berkolaborasi dengan developer atau hacker yang mengatur berjalannya sistem. UI Design yang kalian buat akan digerakan secara fungsi dan harus sesuai dengan hasil riset dari UX Designer ataupun UX Research. Kok ada riset ya ? coba baca postingan di bawah ini dah~

Typeface Design / Type Designer

Membuat huruf bagi orang awam akan terasa aneh, namun bagi kalian penggiat desain grafis harus mengetahui ini. Karena mau tidak mau aneka elemen grafis banyak menggunakan huruf atau tipografi. Bingung mau ngapain lagi setelah bisa main Ps, AI, Corel? coba aja dah jadi type designer.

Profesi desain ini ya bikin huruf-huruf buat bantu kalian membaca. Sebelum membuat Typeface, usahakan kalian sudah menguasai ilmu tipografi terlebih dahulu. Tipografi akan membantu kalian dalam menguasai anatomi huruf, jenis huruf hingga istilah-istilah dalam huruf.

Pattern designer

Pattern design cover beart
Pattern Design

Desain Pola atau rancangan pola (bahasa Inggris: pattern design) ialah suatu pola atau elemen visual yang telah dibentuk dan diulang-ulang penggunaanya. Pattern Design sering sekali digunakan sebagai pelengkap dalam branding. Namun, hari ini telah banyak desainer yang fokus mengerjakan pola desain atau pattern design.

Banyak sekali kebutuhan pelengkap visual yang bisa jadi lebih baik menggunakan pattern. Seperti pada billboard, poster, dan aneka media promosi. Bisa juga untuk merchandise dan baju. Seperti halnya Batik yang memang terlahir karena pattern design.

Packaging Designer

Packaging Designer

Packaging Design Cover Beart
Packaging Design

Packaging Design atau desain kemasan ialah rancangan bentuk untuk membungkus atau membingkai suatu produk. Dalam membuat bungkus roti yang cantik dibutuhkan konsep packaging design yang cantik pula.

Desain kemasan tidak hanya sekadar membuat desain grafisnya saja, namun kita harus bisa mencermati kegunaan nyatanya nanti. Setidaknya seorang desainer grafis harus bisa membuat prototype packaging design yang telah ia rancang.

Desain kemasan ini akan melihat dari segi bahan atau struktur untuk melindungi produk yang akan dikemas. Dan alangkah baiknya didukung dengan visual yang cocok untuk produk tersebut. Yang cocok loh ya, bukan sekedar bagus saja.

Selamat mencoba-coba kembali dengan karya kalian. Desain grafis bukan perkara yang mudah juga. Tapi semua itu menyenangkan kok~ lihat juga lanjutannya lagi kolom kedua


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Leave a Comment