JOU BARAKATI Resmi Merilis Single Terbaru Bertajuk “Salon Muslihat”

Band dari Kota Semarang yang beraliran psychedelic rock dan folk, Jou Barakati, resmi merilis lagu berjudul “Salon Muslihat” berkolaborasi dengan Mere Nauval, vokalis dari band Olly Oxen.

“Salon muslihat” merupakan rangkaian bunyi yang berharap kata-kata adalah bagian dari dunianya. Sedangkan “harapan” dalam dunia “Salon Muslihat”, diterjemankan oleh mereka sebagai kekosongan yang harus segera diisi atau dilupakan sama sekali. Dengan premis diatas, “Salon Muslihat” secara formulatif menyediakan lirik interaktif, sebagai lahan bermain para pendengar. Dengan petunjuk: intuisi sebagai pagar arenanya.

Salon muslihat merupakan perangkat pesimistis yang hadir sebagai penyeimbang segala harapan yang terlalu heroik. Dengan peran tersebut, Lagu ini bagaikan kumpulan cerpen, dengan satu judul di setiap potongan kalimat. Isi ceritanya mengandalkan peran pendengar, semacam permainan kepercayaan. Dengan kronologi itu, mereka seperti mentertawakan istilah ‘karya yang jujur’.

Disampaikan oleh mereka bahwa materi lagu mereka sebenarnya sudah siap sejak awal 2019, tetapi baru benar-benar diproduksi dan direkam pada pertengahan akhir tahun 2019. Selain karena kesibukan dari masing-masing personil, menurut mereka tahun ini menjadi momen yang tepat untuk merilis single “Salon Muslihat”. Kesibukan dari para personil ini merupakan salah satu alasan yang membuat JOU BARAKATI sekarang hadir dengan formasi baru dengan gaya musik yang baru. Hal ini dirasa sangat pas bagi band dari Semarang ini yang mengeluarkan rilisan baru sejak single ke dua Springs di tahun 2018.


Baca juga:


Selain alasan formasi, momen ini juga dirasa menjadi momen yang tepat untuk Jou Barakati merilis single ini melalui platform musik digital. Berkat kemudahan akses yang ditawarkan, hal ini membuat Jou Barakati dari sisi pelaku musik dapat menjangkau pendengar yang lebih masif. Dan membuat pendengar dari sisi penikmat musik lebih mudah menemukan dan mengakses single dari Jou Barakati, sesuai dengan relevansi era dimana single “Salon Muslihat” ini di rilis.

“Bisa merilis ‘Salon Muslihat’ adalah hal yang menyenangkan. Artinya, kami masih bisa lumayan produktif merilis karya baru di tengah-tengah kompromi bahwa band ini adalah band sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Saya pribadi juga sangat menyukai materi lagunya. Sekarang sepertinya menjadi lagu favorit saya untuk dimainkan secara langsung”

Ucap Dimas Sadewa selaku bassis dari Jou Barakati.

Sang gitaris, Icad menambahkan, “Lewat lagu baru kami, penggunaan istrumen lebih diperkaya dan proses mixing berserta mastering dikerjakan lagi oleh Hamzah kusbiyantoro (Venom Studio). Memaikan musik dengan perpaduan etnik lokal dengan pemilihan warna pada suara gitar, racikan khusus. Lantunan melodi  pada pertengahan tahun 60an saat band seperti Donovan, Jefferson Airplan, The Beatles dan Panbers. Saya melihat nuansa yang kental dengan lagu lokal daerah Jou Barakati dalam lagu ini. Semoga bisa menjadi semangat dan energi baru bagi kami dalam berkarya.”

Dengan hadirnya “Salon Muslihat”, mereka berharap pendengar dapat mendapatkan energi yang sama seperti yang dirasakan oleh para personel. Harapan lainnya, lebih banyak lagi orang yang mengetahui keberadaan Jou Barakati dengan mencari tahu karya-karya sebelumnya.

Mengawali tahun dengan merilis lagu baru, Jou Barakati menjadikan point ini sebagai titik awal semangat untuk menggarap materi Extended Play yang rencananya akan segera mereka rilis tahun ini.

Mari mendengarkan ‘Salon Muslihat’ dari Jou Barakati

artwork jou barakati
Art work – Salon Muslihat

Selain merilisnya di platform digital, Jou Barakati juga memvisualkan single ini melalui Artwork dan Music Video. Single “Salon Muslihat” sendiri dilantunkan mereka sebagai persepsi seorang yang terjebak dalam ruang yang ia bangun sendiri, namun sebenarnya semua itu hanyalah fana belaka.

Yepe Rosario yang ditunjuk untuk mengerjakan artwork single kali ini, merepresentasikan corak warna dan garis sebagai kedekatan intim, ditunjukan seorang laki-laki kepada perempuan. Sementara wanita dengan cermin di dalamnya adalah obyek utama yang merepresentasikan kisah asmara serta permainan hati antara laki-laki dan perempuan.

Sedangkan Musik Video dirilis melalui kanal youtube “Sinema Pinggiran” milik Allan Soebakir, sinematografer asal jakarta yang sekarang menetap di Sukabumi. Allan terkenal melalui karyanya yang bekerja sama dengan Jason Ranti, White Shoes and the Couples Company dan band – band ibukota lainnya.

“Ini semacam lembaran baru bagi JOU BARAKATI, baik secara musik maupun pola kerja band. Semoga “Salon Muslihat” bisa menjadi gerbang pembuka untuk pengalaman dan kolaborasi yang baru lainnya,”

Tutup Mere Naufal selaku kolaborator dari band Jou Barakati.

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Leave a Comment