Menu Tutup

Karya berjudul “Perjamuan malam 31 Desember 2020” dari Dwiyana Putra Santoso – Beart-VAE.

cover beart vae

Disuatu pulau, dekat samudera Hindia tepatnya. Beberapa orang melakukan perayaan sebelum bertemu dengan malam tahun baru, hal ini bersimbol sebagai kebangkitan umat manusia dari wabah yang sudah menyerang hampir setahun lamanya pada akhir-akhir ini. Karya berjudul “Perjamuan malam 31 Desember 2020” dari Dwiyana Putra Santoso dalam Beart-VAE.

Wabah seperti ini bukan hanya terjadi kali ini disepanjang sejarah. Manusia sudah tidak asing lagi dengan wabah yang melanda, walaupun wabah bermacam-macam bentuknya. Tak ada yang tahu kapan wabah akan menyerang dan hilang. Sebagai manusia, kita hanya bisa bersiap siaga.

Contohnya wabah Arta Mortem atau yang lebih dikenal dengan istilah Black Death yang mengurasi populasi di Eropa hingga 60%, pada pertengahan hingga akhir abad ke-14. Walaupun manusia bisa menghadapi wabah ini, tetap saja kepanikan tidak bisa dihindari. Walaupun wabah Black Death sudah lekang oleh zaman, tidak menutup kemungkinan wabah seperti itu tak akan ada lagi.

Pada perjamuan itu, para tamu dan tuan rumah memakai masker atau pelindung wajah lainya, seperti pelindung wajah yang terbuat dari keramik dan besi, untuk melindungi diri mereka dari wabah yang masih tersisa. Tak lupa pada perjamuan tahun baru ini, tuan rumah serta tamu beramai-ramai menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Ada sesuatu yang disembunyikan pada perjamuan ini, yakni identitas demi menerapkan protokol kesehatan dengan memakai penutup kepala. Seseorang tidak akan terlihat dari ras mana ia berasal dan dengan siapa ia berbicara. Tak ada yang tahu. Begitu pula sampai kapan identitas mereka tertutup karena memakai penutup wajah? Tak ada yang tahu. Hal itu pula yang berusaha karya ini sampaikan dalam balutan ilustrasinya.

Join Beart VAE seperti Karya Perjamuan Malam 31 Desember 2020″ dari Dwiyana Putra Santoso

Jaga kesehatan kita, Kita lawan bersama wabah Pandemi bersama-sama. Karya berjudul “Perjamuan malam 31 Desember 2020” dari Dwiyana Putra Santoso dalam Beart-VAE bisa juga diapresiasi di sosmed beart.id. Untuk kalian juga bisa ikut partisipasi dalam Beart Virtual Art Exhibition (VAE).

https://www.instagram.com/p/CCa2gdBlqJg/

Penulis: Dwiyana Putra Santoso

Editor: Wahyu Luly


Salam kreatif selamat berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *