Menu Tutup

Karya “Sincere Prayer” dari xxdira (Nadira Ayu Safitri) dalam pameran daring beart-VAE

Sincere Prayer xxdira

Kolase ini dikerjakan secara spontan ketika pengkarya merasa panik, khawatir, sedih, dan merasa tidak punya harapan. Ada pesan tersembunyi yang sengaja ditulis secara implisit. Isinya yaitu 2 kalimat tapi diketik secara berulang hingga memenuhi background. Mari melihat lebih jauh karya “Sincere Prayer” dari xxdira (Nadira Ayu Safitri) dalam pameran daring beart-VAE.

Dalam kondisi dibawah terkadang bisa menjadi inspirasi kita untuk berkarya. Menjadikan berkarya dengan aneka bentuk sebagai bentuk kerasahan diri. Bahkan, karya dari Nadira ini menjadi do’a dan harapan baginya.

Memanfaatkan kekurangan dan penghayatan diri barangkali suatu hal yang tidak awam dalam berkarya. Merefleksikan kondisi sekitar ataupun diri sendiri dalam hal yang lebih bermanfaat. Seperti karya kolase yang dibikin pengkarya ini.

Sebuah doa bagi xxdira dalam karya Sincere Prayer di pameran daring beart-VAE

Kalimat yang saya ketik adalah doa-doa tulus yang tidak bisa saya sampaikan kepada mereka yang ingin saya tuju secara langsung. Saya ingin meminta maaf, karena saya cukup pengecut, tidak berani mengungkapkan secara langsung kepada mereka satu per satu, tapi saya ketik doa-doa ini sepenuh hati. Saya mungkin tidak bisa selalu menemani mereka. Tapi saya harap doa saya dapat membantu mereka secara tidak langsung.

Ungkap Nadira selaku desainer karya ini

Pesan tersembunyi yang tertulis di background berisi sebuah doa yang pengkarya tulis sendiri. Dimana isinya yaitu, “Tuhan tolong jaga doa-doaku yang tak bisa kurengkuh raganya, yang tak bisa kuatur kuasanya kecuali atas kuasaMu, atas dasar jalan cerita yang tak bisa sepenuhnya kuubah. Dalam pengharapan yang khusyuk kuharapkan Engkau menjagaku serta mereka yang ada dalam doa-doaku”.

Doa dan harapan itu Nadira tulis secara berulang kali hingga memenuhi background dengan font script di atas tekstur perkamen. Ada balutan gaya vignette yang ia masukan untuk menambah kesan dramatis dalam karya ini.

Karya berjudul “Sincere Prayer” dari xxdira (Nadira Ayu Safitri) dalam pameran daring beart-VAE bisa juga diapresiasi di sosmed beart.id. Untuk kalian semua juga bisa ikut partisipasi dalam Beart Virtual Art Exhibition (VAE). Klik backlink di samping!

Pengkarya: xxdira (Nadira Ayu Safitri)

Editor: Wahyu Luly


Salam kreatif selamat berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *