KOBAR (Kolaj Bareng) membuat karya seni Kolase dengan memanfaatkan majalah-majalah bekas.

Sore hari itu Teras Dewandaru mengadakan acara Kolaj Bareng untuk membuat sebuah karya seni Kolase. Memanfaatkan aneka majalah bekas untuk diolah kembali kembali medium kesenian baru yang disebut Kolase. Menikmati aneka karya fotografi foto dan setiap halaman dari majalah yang ada. Untuk di gunting-gunting dan ditempelkan pada kertas kosong yang bakal menjadi karya kolasenya nantinya.

Bersama mas @ketokmeejik dari Malang dan @destroyxstairs dari Semarang, teman-teman Teras Dewandaru sore itu mengolah majalah untuk dijadikan sebuah Kolase dengan tema yang diangkat “Baby Boomer”.

Kolase sendiri memilki pengertian komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, gambar, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada suatu permukaan gambar lain. Medium karya yang mencampurkan aneka elemen media ini menarik dan dapat mengolah rasa atau taste estetika seni dari manusia yang membuat. Kolase sendiri merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Bentuk tiga dimensi kolase dapat disebut dengan kolase tiga dimensi atau asamblase.

Mengenal Kolase

Prose pembuatan kolase

Kata “collage” ini berasal dari bahasa Prancis, yaitu “coller” atau menempelkan dengan lem. Kolase sendiri adalah teknik pembuatan seni, biasanya seni visual, yang dibuat dengan menggabungkan berbagai bentuk menjadi sesuatu yang baru. Yang menciptakan istilah ini adalah Pablo Picasso dan Georges Braque pada awal Abad 20 di mana kolase jadi bagian penting dari seni modern atau modern art. Georges Braque yang profesinya adalah pelukis dan pematung ini lalu bersama Picasso mengembangkan gaya melukis yang dikenal dengan kubisme. Salah satu contoh kolase karya Picasso adalah Still Life with Chair Caning” atau “Nature-morte à la chaise cannée”.

Kolase sendiri nanti akan bisa kembali menjadi majalah kecil atau Zine sesuai dengan tema yang diangkat. Berbicara secara visual atau membuat point of views beberapa teks tipografi sebagai penguat dalam karya. Kolase yang dikerjakan teman-teman di Teras Dewandaru ini juga nanti akan di scan terlebih dahulu dan dapat di cetak menjadi Zine dengan tema yang kemarin diangkat “Baby boomer”

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

Leave a Comment