Menu Tutup

Mahasiswa DKV respon Pandemi dalam tajuk Designoholic Exhibition 9.0

designoholic

Designoholic Exhibition merupakan pameran karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) UM yang diinisiasi untuk merespon kreativitas dari karya studi mahasiswa. Diselenggarakan oleh mahasiswa DKV Universitas Negeri Malang (UM) mulai dari 14-16 Apri 2020. Pameran Designoholic kali ini menginjak angka ke-9, dengan kali pertama menggunakan platform online. Karena menyesuaikan kondisi saat Wabah seperti demikian.

Namun demikian, pameran yg hadir saat pandemi covid 19 ini juga memberikan respon melalui karya-karya desainer tentang waspada Pandemi COVID-19. Para mahasiwa mempersembahkan aneka konsep iklan layanan masyarakat yang khusus untuk merespon kondisi Pandemi seperti ini.

Pameran ini dirancang dengan proses terpandu dan kurasi pada pra pameran. Selain itu, pameran ini juga ingin memberikan semangat bagi siapapun bahwa kita harus tetap produktif meskipun di tengah kewaspadaan Pandemi COVID-19.

ungkap Andreas Syah Pahlevi, dosen dari pameran ini.

Tak terbatas pada itu, karya-karya desain lain seperti branding, karakter desain, hingga portofolio review dari para pengkarya atau mahasiswa yang ikut berkontibusi didalamnya. Pameran yang menjadi agenda tahunan ini juga menghadirkan pembicara dalam tajuk ‘Milenial Designoholic 9.0 Talks’. Hasil talkshow tersebut dapt diakses di website designoholic.id


Baca juga:


Designoholic Exhibition 9.0 dapat diakses dibawah ini:

Kondisi seperti ini memang serba sulit, termasuk untuk menyelenggarakan acara seni dan desain seperti ini. Di lihat dari hasil data Koalisi seni menyebutkan terdapat 204 acara seni batal atau ditunda per 13 April 2020. Berbagai upaya juga dilakukan organisasi nirlaba tersebut dalam ikut menyikapi kondisi Nyala Seni Semasa Pandemi.

Namun, hal sulit ini membuat Designoholic kali ini mengalami ujicoba media baru. Dengan pemanfaatan media serba online. Para panitia mempersembahakan platform online lewat website;

Dari platform tersebut, masyarakat luas tetap dapat menikmati karya dari para mahasiswa DKV. Momentum dirumahaja mungkin bisa dimanfaatkan para pelaku desain untuk berkarrya lebih aktif lagi. Seperti yang dilakukan teman-teman mahasiswa DKV yang menempuh pendidikan di kota Malang tersebut.


Salam kreatif selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *