Menu Tutup

Menemui Wanita Dalam Karya Yola Anggita di Beartkalender 2020

Memasuki bulan maret kita akan berjumpa dengan karya Yola Anggita dalam Beartkalender 2020. Mengambil wanita sebagai objek ilustrasi yang kaya warna akan menemani bulan Maret hasil sihiran Yola Anggita.

Berasal dari Batu, Kab. Malang, Yola Anggita aktif dalam aneka karya seni rupanya, baik pameran internal maupun eksternal pernah ia ikuti. Berjejaring dengan sesama seniman dan desainer pun dilakukan perempuan yang mengambil jurusan Seni Rupa Universitas Brawijaya ini.

Kami Bekerjasama dengan Yola Anggita dalam proyek Beartkalender 2020. Perempuan color fun ini mendapat jatah bulan Maret sebagai tema dalam karyanya. Sosok wanita dan segala persoalannya hari ini ceritakan dalam karya Yola Anggita. Berikut kesempatan kami untuk wawancara dia, baca dibawah ini:

Kapan anda mulai berkarya ?

Saya mulai berkarya dibangku SD, awalnya saya jadikan ini sebagai hobi, tapi lama kelamaan saya tertarik ikut lomba” melukis, tiap Minggu saya ikut lomba dimalang, dan jadi kebiasaan. dengan adanya sertitikat” lomba lukis yang saya dapatkan, mengantarkan saya untuk masuk di sekolah favorit dan masih terus berlanjut ikut lomba.

Ketika saya dibangku SMK, saya mengambil jurusan yang tidak jauh dari hobi saya yaitu animasi yang pastinya bergelut dengan bidang seni. Saya lebih mendalami di animasi 2D, berkarya setiap saat dan saya sangat mendalami dan cinta dengan dunia seni.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di universitas Brawijaya jurusan Seni Rupa murni. Membuat karya lalu mengikuti setiap pameran yangg ada di kota Batu dan Malang merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi saya.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa ?

Untuk saat ini saya mencoba mengeksplor apapun yang saya suka entah digital maupun lukis. Kalo digital sih lebih suka ke ilustrasi dengan gaya seperti children book illustration yang cutie seperti itu hehe.

Kalo lukis sendiri, saya suka eksplor dengan gaya naif surealis dan menggunakan objek khusus sebagai representasi tentang apa yang ingin saya ceritakan pada karya. Sebagian besar karya saya bergaya anak” dan juga colorful. Agar apresiator dapat merasakan kesan ceria dan cheerful.


Baca juga:


Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk Beartkalender 2020?

Pastinya senang sekaliii bisa diajak kolaborasi dengan Beart.id bersama para seniman dan desainer muda berbakat. Ini sangat first time banget saya diajak kolaborasi. Saya juga baru belajar menggunakan Adobe illustrator langsung sama pengerjaan karya.

Disini saya mendapat bagian untuk mengilustrasikan tepat di bulan maret. saya harus mengilustrasikan peristiwa apa yang terdapat pada bulan Maret. Nah, saya berfikir kalo Maret identik banget sama acara women march, yang judulnya ‘pemulihan’.

Kenapa pemulihan? Karena perempuan punya keistimewaan yang tidak dimiliki laki laki, hal itu adalah ruang pulih. Sebuah solidaritas, untuk sesama perempuan, yang sudah jelas kehidupannya selalu ditindas oleh laki-laki.

Bayangkan saja, ketika perempuan dilecehkan malah anggapan publik menyalahkan korban. “Ahh alay gitu doang” yang tidak disadari adalah ada psikologi dan moral yang hancur jika dilecehkan. Ya laki laki mah ga paham. Pahamnya cuma dapet enaknya aja. Nah disitu, ruang pulih bekerja.

Dengan sama sama menggenggam sesama perempuan, menciptakan ruang amannya sendiri, dan membuat diri perempuan lebih kuat secara fisik dan moral.

Ruang pulih juga bisa membentuk psikologi perempuan lebih baik”. Harapan untuk kedepannya, semoga wanita di seluruh dunia terfasilitasi secara besar, perempuan punya hak hidup yang lebih besar lagi.

Karena pemerkosaan, pelecehan, poligami itu sangat banyak terjadi Dan wanita, punya kesetaraan dengan laki-laki. Setelah itu dia bisa menjalani hidup seperti apa yangg mereka inginkan. Itu kenapa saya ingin mengangkat women march dalam kalender ini. Semoga bermanfaat.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah ?

Harapan kedepan untuk kegiatan seni dan desain, semoga lebih berkembang lagi, dan generasi-generasi mendatang dapat menciptakan karya-karya yang bisa mengharumkan bangsa Indonesia, dan bermanfaat bagi semua.

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *