Mengenal kesenian ketoprak yang mengandalkan improvisasi

Ketoprak menjadi Seni Pertunjukkan yang dalam pertunjukkannya mengandalkan improvisasi. Seni di atas panggung pun memiliki banyak kultur dan konsep. Seperti halnya OVJ yang mengadaptasi kesenian Ketoprak sebagai bahan pertujukkan dalam setiap talkshow atau serinya.

Ketoprak merupakan kesenian budaya jawa yang berasal dari kota Solo. Kesenian yang lahir dari bentuk perlawanan masyarakat jawa terhadap para penjajah di waktu itu. Lahir sekitar abad ke 19 dan dibuat oleh seorang musisi keraton Surakarta.

Baca juga:

Inspirasi Opera Van Java (OVJ) dari kesenian ketoprak dengan improvisasi

ketoprak infografis cover beart
Ilustrasi Opera Van Java

Seni Pertunjukan ini dari Jawa ini telah menginspirasi salah suguhan televisi tanah air. Disuguhkan dengan adat khas Jawa sekali. Dengan Dalang sebagai penggerak para aktor atau pemain dalam setiap babak atau serinya. Opera Van Java namanya yang tidak asing lagi bagi kita yang kelahiran dibawah tahun 2000.

Artis seperti Sule, Andre Taulany, Aziz Gagap, Nunung Srimulat dan Parto menjadi pelawak yang meramaikan serial OVJ kala itu. Dalam setiap atau babak suguhan membawakan satu tema atau cerita. Para aktor bertindak seperti halnya wayang dalam kisah dulu.

Sesuatu yang unik ialah improvisasi yang dilakukan Sule dan kawan-kawannya ini. Pada dasarnya mereka memang menerima naskah dari tim OVJ. Namun dalam aksinya mereka akan melakukan improve atau bertindak tiba-tiba dalam setiap penampilannya.

Dasarnya para aktor mengikuti arahan dari Dalang yang bertindak sebagai penggerak alur cerita. Konsep ini sangat laku dan ramai pada zamannya. Konsep modifikasi dari seni pertunjukan ketoprak mereka lakukan dengan bagus.

”Disana gunung, disini gunung. Ditengah-tengahya pulau jawa. Wayangnya bingung Dalangnya juga bingung. Yang penting bisa ketawa”

SAJAK DARI PARTO SELAKU DALANG

Salam kreatif, selamat berkarya.

Beart.id

Leave a Comment