Menu Tutup

Menyambut HUT RI ke 75 dalam karya Rozi Assyurie – Beartkalender 2020

75 HUT RI dari Rozi Assyurie cover beart.id

Menyambut bulan agustus kita akan merayakan HUT RI (Republik Indonesia) ke-75. Disisi lain nuansa kemerdekaan harus tetap dipertahankan. Kali ini di bulan agustus kita telah disambut dengan artwork dari Rozi Assyurie. Suasana semangat merdeka terasa membara dalam karya ini. Seperti mengingatkan kita untuk tetap semangat kala Pandemi, walaupun perang belum selesai.

Dengan nuansa yang sangat berbeda pastinya, dalam suasana di tengah Pandemi. Namun, keramaian untuk memeriahkan agustusan seharusnya tidak luntur begitu saja. Dengan berubah medium, lewat aneka medium daring bisa dicoba. Meramaikan dan ikut produktif berkarya dengan apa yang kita miliki.

Dari pemerintah sendiri sudah jauh-jauh hari mulai meramaikan HUT RI 75 dengan logo resmi yang dikeluarkan lewat Setneg RI. Kita dapat meramaikan kanal Sosial Media kita dengan hiasan branding logo HUT RI ke-75 ini. Tak terlepas dari itu, bahkan sudah ada di berbagai daerah yang memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putihnya.

Kalian juga bisa ikut pameran daring dengan tema yang bebas banget. Dengan aneka karya yang kalian miliki, bisa seperti tulisan, gambar, audio visual, video musik, film pendek, poster desain dan sebebasmu dalam beart VAE. Sebuah Pameran Daring yang beart selenggarakan untuk menampung karya kalian dan pastinya gratis untuk diikuti. Cek aja yuk di beart-VAE, termasuk kalian bisa merespon kemerdekaan RI dengan karya-karya kalian.

Rozi Assyurie sendiri, selaku desainer yang berada di balik karya ini merupakan seorang desainer grafis. Ia biasa berkarya lewat graffiti, vector grafis, editorial design dan masih banyak lagi. Dengan background pendidikan Desain Komunikasi Visual, ia membawa pesan kepada sesama pemuda untuk semangat berjuang lewat karya yang dimiliki. Seperti karyanya yang berapi-api dengan teknik pengerjaan berbasis vector ini. Kamu juga bisa menemui aneka ragam karya Rozi di Instagramnya @frz.one 💙.

Wawancara dengan Rozi Assyurie dengan karyanya yang bertema HUT RI 75

Bulan Desember 2019 menjadi awal proyek beart kalender 2020 disusun. Serta dibuat dengan mengajak 12 para seniman dan desainer dengan inisiator beart.id yang berkolaborasi dengan Sugarnuts Creativespace. Rozi Assyurie merupakan salah satu designer yang terlibat didalamnya. Kami pun ikut tertarik dengan proses kreatifnya saat berkarya, hal tersebut membuat kami mewawancarainya lewat daring dibulan Juli kemarin. Mari simak obrolan sikat ini 😉

Kapan anda mulai berkarya?

Kalo mulai berkarya sih (menggambar), dari kecil sudah senang dengan menggambar. Kalo digital desain, mulai belajar otodidak sejak masih SMP.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa?

Sekarang lagi menekuni branding dan editorial/layout. Untuk style desain, saya biasa mengkombinasikan antara postmodern dengan swiss design. Untuk pengembangan diri sih saya biasa bermain dengan poster design.

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender?

Bicara tentang karya tersebut, saya menuangkan beberapa harapan dan pesan saya. “Tak akan Padam”, Harapan dimana bangsa Indonesia untuk terus maju berkembang dan bisa bersaing di mata dunia – dalam segala hal.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah air?

Untuk pergerakan industri kreatif sendiri di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang baik. Sebuah proses yg sangat bagus dan perlu dilanjutkan bersama. Kalo ngomongin harapan untuk bisa bersaing di kanca Internasional sih udah pasti ya, tapi untuk saat ini dalam skala Nasional dulu. Harapan saya semoga industri kreatif ini semakin maju berkembang, ekosistemnya semakin membaik, dan tentunya semoga mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf Indonesia. Trust the process.

Mari jangan pantang menyerah dalam berkarya. Karena berkarya membutuhkan banyak uji coba dan pengalaman. Perbanyak karyamu biar bisa jadi portofolio mu dihari esok!

Hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.


Salam Kreatif Selamat Berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *