Menu Tutup

Pameran Identity Nomads sajikan 5 pengkarya Indonesia-Jerman

Malang – Sebuah pameran internasional bertajuk Identity Nomad akan hadir di Galeri Raos, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Berlangsung mulai tanggal 7-19 Desember 2019, Pameran kelompok ini akan menampikan karya lima orang seniman yang berasal dari Indonesia dan Jerman. Para seniman yang tergabung di pameran adalah mereka yang telah menghabiskan karirnya lebih dari 20 tahun belakangan berpindah dari negara dan benua yang berbeda.

Mengambil gagasan utama dari perjalanan dan perpindahan yang terjadi dalam proses berkesenian para seniman, Identity Nomads mencoba mengelaborasi nomadisasi dalam perspektif identitas. Bagaimana identitas personal dan identitas kultural dibenturkan dalam pengalaman-pengalaman baru menjadi liyan di budaya yang berbeda. Serta pameran ini mencoba untuk membaca ulang, jejak identitas budaya dalam karya-karya seniman di hari.

Pameran ini meghadirkan banyak pertanyaan pada ruang identitas yang diwakili oleh karya-karya tiap seniman. Sehingga pameran ini juga berfokus pada penyajian karya dalam berbagai medium yang berbeda dari tiap seniman, seperti medium lukis, patung, fotografi, instalasi dan karya seni media.

Identity Nomad sebagai sebuah program utama juga dijadwalkan untuk digelar dalam serial pameran berbeda di berbagai kota di Indonesia maupun di Jerman. Setelah pembukaan perdanannya di Malang, kemudian akan dilanjutkan ke Jakarta, Singapore dan Cologne (Jerman). Ide dari pameran ini dinisiasi Daniel Kho (salah satu seniman) dan menggandeng tiga kurator yakni : Ira Musnadi-Weskamp (Chief Curator, Jerman), Ignatia Nilu (Yogyakarta, Indonesia) dan Jutta Odenwälder (Singapore).

Ira Musnadi-Weskamp, menyebutkan bahwa latar utama yang mendorong gagasan pameran ini berangkat dari kesadaran atas dinamika politik dan ekonomi global yang terjadi dalam waktu belakangan. Seperti halnya persoalan pengungsi, perubahan alam dan lingkungan yang terjadi di beberapa tempat, radikalisme agama, dan intoleransi yang terjadi di berbagai di tempat-tempat di dunia. Persoalan-persoalan tersebut tengah mengancam ruang bersama kita dan perlu untuk dijadikan perenungan bersama.

Para seniman yang hadir adalah para seniman yang telah berkarya, tinggal dan berproses artistic maupun kultural di berbegai ruang alam dan budaya yang berbeda. Setelah pengalamanya dalam menafsirkan ulang tantangan-tantangan dalam proses kesenimannya selama ini, berbagai temuan baru, yang tidak hanya terbatas pada bentuk. Namun, kesadaran dalam pemikiran maupun cara hidup akan dihadirkan dalam berbagai karya yang menjadi penanda penting dari topik Identity Nomads.

Rangkaian acara dalam pameran Identity Nomands

Seniman yang terlibat dalam pameran Identity Nomads antara lain adalah :
Daniel Kho (Indonesia)
Ito Joyoatmojo (Indonesia)
Lili Voigt (Jerman)
Odo Rumpf (Jerman)
Teguh Ostenrik (Indonesia)

Tim Kurator : Ira Musnadi-Weskamp | Ignatia Nilu | Jutta Odenwälder

Resepsi Pembukaan | 7 Desember 2019 | 19:00 WIB
Venue :
Galeri Raos
Jl. Panglima Sudirman, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311

Artist Talk | 8 Desember 2019 | 19:00 WIB
Galeri Raos
Jl. Panglima Sudirman, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311

Tur Pameran (Exhibition Tour)
9 Desember 2019

Tidak hanya menyajikan eksposisi karya bersama, Identity Nomads sebagai sebuah ruang presentasi juga digagas untuk menjadi ruang untuk membicarakan tentang proses dan perjalanan para seniman dalam membicarakan persoalan identitas dan posisi seniman diaspora dalam konteks budaya di abad 21.

Melalui program publik ini, harapannya tercipta sebuah ruang untuk berjumpa baik secara persoal maupun gagagasan dibalik karyanya. Program ini akan dilaksanakan pada hari minggu pada tanggal 8 Desember 2019 pukul 19:00 WIB. Berlokasi di Galeri Raos, Batu, Malang, Jawa Timur. Forum seniman wicara ini akan dimoderasi oleh salah satu tim kurator pameran ini, Ignatia Nilu.

Pameran Berlangsung :
8-19 Desember 2019
Jam Buka pameran :
10:00 — 22:00 WIB

Rangkaian Pameran
Jakarta — Dijadwalkan pada 9 Januari 2020. Pameran ini akan berlangsung 10 hari dari tanggal 10 Januari hingga 20 januari 2020. Bertempat di Bentara Budaya Jakarta.
Singapore — 5-10 March 2020
Cologne, Jerman 4-6 September 2020, lokasi akan diumumkan selanjutnya.


Salam Kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *