Menu Tutup

Peran insan kreatif dalam Sustainable development goals ?

Sebagai insan kreatif seni kita harus melihat isu dunia yang sedang di godok oleh PBB ini. Setidaknya kita tahu dan memiliki cakrawala lebih luas memandang segala aspek kehidupan sosial di lingkungan sekitar yang mana akan ada kesamaan dengan permasalahan yang ada di daerah atau negara lain.

Hal yang terkesan remeh yang bisa kita lakukan ialah membuat campaign. Membuat karya untuk mengutarakan permasalahan perdamaian contohnya. Apalagi dengan pemanfaatan sosial media untuk menyebarkan informasi ini. Membuat campaign yang menarik dari karya illustrasi, musik, puisi, narasi, atau teater mungkin bisa sebagai contoh dalam menyebarkan isu perdamaian. Berita akan cepat tersebar dan hal penting yang perlu di tinjau setalah itu ialah mensurvei hasil dan keadaan sebenarnya dari isi campaign tadi.

So, ini challenge kita semua sebagai pemuda untuk mengantar hari esok lebih baik serta keberlangsungan planet bumi ini. Ikut berperan aktif dan menjadikan momentum di tahun 2030 sebagai tahun emas yang seharusnya Indonesia bisa ikut andil merasakannya. Setidaknya dimulai dari kita dan sekarang peran insan kreatif dalam Sustainable Development Goals dipupuk dan dipergenjang dalam menanggapi isu.

17 poin SDGs

Apa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan?

Ditinjau dalam situs undp.org memberikan penjelasan tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), juga dikenal sebagai Tujuan Global, diadopsi oleh semua Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015 sebagai panggilan universal untuk bertindak untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini dan memastikan bahwa semua orang menikmati perdamaian dan kemakmuran pada tahun 2030.

17 SDG terintegrasi — yaitu, mereka mengakui bahwa tindakan di satu bidang akan memengaruhi hasil di bidang lain, dan bahwa pembangunan harus menyeimbangkan keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Melalui janji Tidak Meninggalkan Seorang Pun, negara-negara telah berkomitmen untuk mempercepat kemajuan bagi mereka yang jauh di belakang. Itulah sebabnya SDG dirancang untuk membawa dunia ke beberapa ‘nol’ yang mengubah kehidupan, termasuk nol kemiskinan, kelaparan, AIDS dan diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan.

Setiap orang diperlukan untuk mencapai target ambisius ini. Kreativitas, pengetahuan, teknologi, dan sumber daya keuangan dari semua masyarakat diperlukan untuk mencapai SDGs dalam setiap konteks.

Segala aspek kesenian dan kebudayaan akan dapat membantu dalam berbagai aspek dalam 17 butir poin dalam SDGs ini. Termasuk meningkatkan sumber daya manusianya sendiri untuk bertindak kreatif di zaman yang serba inovatif dan cepat. Dengan meningkatkan mutu pendidikan seperti poin ke 4 dalam SDGs merupakan salah satu aspek penting untuk memulai keberlanjutan yang baik. Dari manusianya sendiri harus mulai di bimbing dan diarahkan dengan baik.

Mengkolaborasikan segala aspek dalam seni dan desain akan dapat membantu beberapa poin dalam SDGs. Kira-kira aneka masalah yang ada dalam poin tersebut membutuhkan pemikiran, sepak terjang, serta inovasi dari kita semua. Jadikan sebagai ide atau tantangan kita semua dalam membuat sebuah karya atau project kemaslahatan dari kemampuan yang kalian miliki. Bahkan mungkin saja dengan kemampuan yang ada kita bisa bersama mencari solving atas problem SDGs. Mari tunjukkan peran insan kreatif dalam Sustainable Development Goals

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.Indonesia

1 Comment

  1. Pingback:6 Ide passive income, cara investasi Desainer - Beart Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *