Petra Sihombing feat Sal Priadi rilis single “Canggih” respon mereka terhadap teknologi

Petra Sihombing kini dikenal sebagai produser muda yang aktif untuk rekan sesama musisi lainnya seperti Tulus, Hindia, Sivia Azizah, Kunto Aji, Ben Sihombing, Coldiac dan Diastika. Di sela kesibukannya sebagai produser musik, Petra terus menciptakan karya untuk solo karirnya, album bertajuk “1/4” yang dirilis pada 2018 dengan lagu yang menjadi andalan yakni “Nirmala”, “1992”, “Bad Lover” dan “Take It or Leave It” yang berkolaborasi dengan Incognito.

“Semenjak Internet” adalah tajuk yang Petra pilih untuk albumnya. Album ini, adalah ungkapan Petra tentang bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kehidupan manusia saat ini. Langkah awal dalam mewujudkan resolusinya, Petra siap merilis single ketiganya di 23 Januari 2020 berjudul “Canggih” melalui platform digital musik.

Lagu “Canggih” adalah satu dari banyak lagu yang akan hadir dalam album Petra mendatang. Setelah sebelumnya Petra merilis “Cerita Kita Milik Semua” pada bulan Juli 2019 dan “Biji” pada bulan Oktober 2019.

Di tahun 2019 sendiri, Petra Sihombing telah merilis single terbarunya yaitu “Cerita Kita Milik Semua” pada tanggal 24 Juli 2019; dan juga single keduanya pada tanggal 23 Oktober 2019.

Kini Petra sedang dalam proses produksi album barunya yang segera akan dirilis di 2020. Semua lagu yang akan hadir di album terbaru Petra akan dirilis secara berkala di setiap bulannya pada tanggal 23.

NARASI #232020

“Di tahun 2019, gue banyak bikin karya dan juga banyak belajar ke Canggihan teknologi bikin gue bisa lari. Musik gue jadi cepat, bahkan kolaborasi sekarang bisa lewat internet, dan itu jadi nguatin energi Aries gue yang berapi-api, kata temen gue yang suka astrologi. Untungnya, gara-gara internet, gue jadi ketemu banyak orang baru. Anehnya gue jadi keluar rumah, daripada gue yang dulu si Manusia Kasur itu. Banyak hal-hal yang terjadi yang menurut gue kayaknya gak mungkin kejadian di diri gue kalau gak ada internet, dan gue sangat bersyukur atas semua yang sudah terjadi. 2019, terima kasih. 2020, gue akan melakukan hal-hal yang lebih serasi sama hati gue. Gue pengen lebih bermartabat manis, itu martabak. Abaikan. Intinya, gw pengen menjadi lebih konsisten, dan resolusi di tahun 2020 ini untuk 10 bulan ke depan gue akan rilis lagu setiap bulannya, setiap tanggal 23. Tungguin, ya!” –

Petra Sihombing, narasi dalam video pengumuman mengenai rencana rilis albumnya di 2020 ini.

Lagu “Canggih” menggambarkan perbandingan antara teknologi yang berlari begitu pesat dengan daya gerak manusia yang hampir sulit mengejar. Petra mengajak kita berhenti sejenak dari pengejaran itu, agar kita sebagai individu dapat mempunyai waktu untuk mengevaluasi dan menghargai sekitar.


Baca juga:


Dalam lagu “Canggih” ini, Petra berbagi ruang notasi dan lirik bersama Sal Priadi. Petra memberi kebebasan kepada Sal untuk menuangkan ide dalam lagu “Canggih” ini. Proses penulisan lagu ini juga dibahas tuntas oleh Petra dan Sal ke dalam episode 1 podcast yang diberi judul “Semenjak Internet” (sama seperti judul album Petra, yang akan dirilis 23 Oktober 2020).

Canggih - Petra Sihombing
Artwork Canggih – Petra Karya : Rukmunal Hakim

“Cara penulisan lagu yang aku miliki dan kecanggihan Petra dalam menata suara juga membawakannya, melahirkan sesuatu yang menarik, sesuatu yang baru, sesuatu yang rasa rasanya sah kalau disebut canggih”.

SAL PRIADI

Podcast ini juga berperan sebagai jembatan informasi setiap rilisan lagu Petra kedepannya. Podcast Petra dirilis 19 Januari 2020. Nantinya, podcast ini juga secara berkala dirilis pada tanggal 19, setiap bulannya.

“Intinya buat pengingat kalo teknologi itu harusnya ngebantu kita untuk bisa lebih baik sebagai manusia. Biar kita nggak di kontrol sama teknologi”.

PETRA SIHOMBING
Canggih – Petra Sihombing

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

4 Comments

Leave a Comment