Menu Tutup

Posko Visual 2019 angkat tema ‘Art Design Connection’ untuk menguatkan ekosistem desain di kota Malang

Malang – Posko Visual tahun 2019 merupakan pameran karya desain dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang. Berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 17-19 Desember 2019 di Taman Krida Budaya Malang. Aneka karya desain seperti ilustrasi, branding, desain kemasan, campaign, Infografis, Tipografi dan font, fotografi, videografi dan masih banyak lagi disajikan dalam satu pameran bertema Art De Co (Art Design Connection).

Tema ini diangkat untuk ikut serta memperkuat ekosistem kreatif desain di Kota Malang. Seperti yang telah diketahui, kota Malang sendiri telah mendapatkan penghargaan kota kreatif bidang pengembangan aplikasi dan game oleh Bekraf (sekarang Kemenparekraf). Dengan adanya itu, Posko Visual 2019 dengan penyelenggara dari mahasiswa DKV angkatan ’16 ini ikut andil dalam pemberdayaan industri kreatif tanah air.

Baca juga:

Tema yang diusung sangat merekat dan terwujud dari karya yang di sajikan, nyambung. Bisa diliat dari karya yang ada. Dimana DKV bisa nyambung dengan fashion, custom motor, desain interior dll. Menunjukan bahwa keilmuan DKV membutuhkan dan dibutuhkan oleh ilmu-ilmu lain.

Ungkap Andreas Syah Pahlevi, ketua ADGI Malang

Dengan tema “Art Design Connection” bertujuan untuk menghubungkan aneka elemen pemangku kepentingan desain di kota Malang. Melibatkan kampus lain di kota Malang yang memiliki jurusan atau prodi Desain / DKV, mereka berdiskusi, berpameran bareng, dan menyebarkan keberlangsungan ekosistem desain sebaik mungkin. Posko Visual sendiri ikut sebagai bagian dari Malang Design Wave, sebuah pergerakan untuk mengecek gelombang dan meningkatkan gelombang desain di kota Malang. Dimana Malang Design Wave (MDW) sendiri telah berlangsung secara paralel dari bulan November sampai Desember. Harapan dari MDW sendiri tidak jauh dengan Posko Visual 2019. Yaitu untuk meningkatkan ekosistem desain di kota Malang. MDW sendiri digagas bersama-sama oleh para komunitas desain, mahasiswa desain, dosen, universitas, studio dan stakeholder kota Malang.

Karya dalam Posko Visual 2019

Aneka karya dalam pameran Posko Visual 2019

Seperti halnya karya diatas yang mengolah data atau informasi untuk dijadikan infografis. Desain bertindak untuk menyelesaikan masalah, seperti halnya para mahasiswa dalam membuat karya untuk di sajikan dalam pameran Posko Visual (POVI) 2019.

Konsep kolaborasi yang dibawa membuat saya puas juga ya. Kolaborasi dengan kampus lain seperti Ciputra, UB, Ma Chung, Da Yeh University Taiwan, dan Binus university. Serta terlihat Poster-poster yang ada itu melibatkan karya dari lomba poster untuk anak SMA. 15 karya dari 69 poster terpilih untuk ditampilkan dalam POVI secara nasional, dengan sistem submit karya dan penilaian yang di kurasi.

sambung Andreas Syah, dosen pemangku mata kuliah pameran “POVI” ini.

Pameran desain ini diselenggarakan oleh mahasiswa DKV angkatan ’16. Dimana mahasiswa diharapkan mampu menampilkan karya mereka ke masyarakat dan bisa ikut andil dalam ekosistem desain di tanah air.


Di Pokso Visual 2019 ini, aneka karya yang ada berasal dari mahasiswa Dkv ’16 dengan melewati kurasi tinggi dan dapat dilihat dari proses desain mereka. Seperti Creative Thinking hingga hasil karya mereka. Bisa diliat juga prosesnya dengan menscan Q-code yang ada di diskirpsi karya.

Tutup Andreas Syah kepada Beart.id

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

Penulis : Muhammad Reza Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *