Menu Tutup

Remissa Rilis Musik Video Untuk Single Terbarunya ‘Harap-harap Cemas’

Remissa cover beart

Pasca merilis album akustik berjudul Untukmu Saja via digital di penghujung 2019 kemarin, Remissa, grup rock/grunge asal kota Malang, kembali dengan merilis video lirik untuk singel terbarunya berjudul “Harap-Harap Cemas”. Secara resmi di YouTube, single terbaru Remissa untuk mereka yang Cemas Dalam Memperjuangkan Hidup. Single anyar untuk album terbaru ini terinspirasi dari cerita yang dituturkan secara langsung oleh seorang kawan sekaligus kepala keluarga yang cemas dalam memperjuangkan kebutuhan hidup.

Kebutuhan sandang, pangan dan papan menjadi kebutuhan yang realitanya akan terbayang dimasa mendatang. Musik terasa menggelora dengan balutan suara khas Rizky sang vokalis Remissa.

Seperti karya-karya sebelumnya, melalui “Harap-Harap Cemas” Remissa masih berbicara mengenai isu-isu sosial di mana kali ini Rizky Toar (vokalis & gitaris) selaku penulis lirik. Ia mengaku single terbaru ini merespon  dari permasalahan kawannya tadi.

“Dia sering curhat ke saya kalau dia sampai frustasi dengan kehidupannya yang harus dikejar hutang tiap harinya,”

kenang Rizky Toar.

Baca juga:


Toar, pangilan akrab Rizky menceritakan lebih juah jika kawannya adalah kepala keluarga yang merupakan seorang pekerja lepas dengan penghasilan yang tak menentu. Padahal ia memiliki banyak tanggungan – mulai dari menafkahi keluarga hingga membayar cicilan hutang. Seperti halnya kepala keluarga pada umumnya yang sedang berjuang.

Selain untuk mencukupi kebutuhan keluarga, penghasilan yang pas-pasan menjadikan berhutang sebagai jalan terkahir yang harus dipilih. Bahkan sampai ia lupa akan kebutuhan psikis dan fisik dalam berumah tangga karena terlalu sibuk dengan tuntutan memenuhi kebutuhan pokok yang harganya terus naik dan mencekik.

“Dia pernah berpikiran gila bahwa dia menganggap Tuhan sudah tidak menyayangi dia,” lanjut Rizky. “Lewat lagu ‘Harap-Harap Cemas’ ini saya mencoba mewakili apa yang dirasakan oleh kawan saya tersebut atau sekiranya juga bisa mewakili orang-orang di luar sana yang bernasib sama.”

Perasaan Cemas jadi cerita untuk single terbarunya Remissa ‘Harap-harap Cemas’

Dalam materi album-album sebelumnya, Remissa terdengar galak dengan nyalak distorsinya. Lewat singel terbarunya kali ini Rizky Toar (vokal, gitar), Baron Wisnumurti (vokal, bass), Rizqtsany (gitar), dan Rufa Hidayat (drum) justru mencoba banyak formula baru; mulai dari aransemen musik, corak vokal, hingga piranti yang digunakan untuk rekaman.

“Kali ini kami mencoba bereksperimen dengan hal hal yang baru, seperti bunyi drum yang sangat digital, karakter vokal yang agak mendayu-dayu di bagian reff-nya, dan beberapa suara pads yang kami masukan ke dalam lagu,” terang gitaris, Rizqtsany.

Lagu “Harap-Harap Cemas” adalah single perdana yang dirilis untuk persiapan album terbaru Remissa yang rencananya akan dirilis tahun ini. Untuk menambah visualisasai yang lebih bergairah, penggarapan visual video lirik “Harap-Harap Cemas” Remissa ini dibantu oleh Alit Arinatha Putra sebagai illustrator dan Alfian Setya selaku animator.

Saat ini, Remissa sedang dalam perampungan materi album baru. Seperti yang kita ketahui, di tengah pandemic Covid-19 banyak agenda yang harus terpaksa dibatalkan dan disusun ulang. Seperti halnya Remissa, mereka menegaskan untuk terus produktif sembari menjaga kesehatan dan berdiam diri dirumahaja. Merilis karya untuk album baru, workshop daring, hingga merancang website untuk kepentingan pengarsipan dan publikasi karya adalah beberapa rencana yang akan dilakukan Remissa.

“Semoga saja kawan-kawan di luar sana yang merasakan hal sama, bisa ikut juga tergugah dengan pesan yang dituangkan lewat lagu ini.” tutup Remissa. Single “Harap-Harap Cemas” saat ini sudah bisa ditonton dan dinikmati melalui saluran resmi Youtube Remissa.

Remissa – Harap-harap Cemas

Personil Remissa:
Rizky Toar (vokal, gitar)
Baron Wisnumurti (vokal, bass)
Rizqtsany (gitar)
Rufa Hidayat (drum)

Diskografi Album Remissa:

Manifesto Mimpi (2016, Frekuensi Records)
Tegangan Tinggi (2018, Srawung Records)
Untukmu Saja (2019, digital)


Salam kreatif selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *