Menu Tutup

Selamat Hari Lahir Pancasila dari Karya Aulia Akmal dalam Beartkalender 2020

cover beart Juni

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hari dimana poin-poin Pancasila dihasilkan dari sidang BPUPKI, dimana ide gagasan dari Ir. Soekarno yang terpilih untuk menjadi ideologi bangsa Indonesia. Dan tepat hari ini, tanggal 1 Juni dalam Beartkalender 2020 terdapat karya Aulia Akmal yang merespon hari Lahir Pancasila.

5 Dasar Pancasila lahir sebagai piagam Jakarta yang kemudian diperbaiki poin-poinnya hingga menjadi seperti yang ketahui sekarang. Dewasa ini, memahami dan mengamalkan poin dalam Pancasila harus kita kerjakan dengan gotong royong.

Supaya kita bisa menjadi rakyat yang bermanfaat bagi sekitar. Terlebih bagi bangsa Indonesia ini, lebih dari itu dengan karya pun kita bisa menyuarakan Indonesia. Berkarya dengan baik dan maksimal untuk dapat mengharumkan Tanah Air.

Sebagaimana kaum kreatif yang bergelut dalam karya seni maupun desain. Seperti halnya karya Aulia Akmal (Alak) dalam merespon hari Lahir Pancasila. Karya ini bisa menjadi bagian kecil dalam mengharumkan dan bahkan bisa menyuarakan Indonesia dari sektor Ekosistem Kreatif Seni dan Desain khususnya.

Wawancara dengan Aulia Akmal untuk Karya Hari Lahir Pancasila dalam Beartkalender 2020

Kapan anda mulai berkarya ?

Ketika informasi itu datang kami melakukan tahap brainstorming dan evaluasi. etelah dirasa konsep yang didapatkan cocok dan cukup menarik. Kami mulai mencari dan mengumpulkan bahan serta alat yang akan digunakan pada tahap eksekusi.

Lagi menekuni karya/gaya desain seperti apa ?

Untuk sekarang lagi fokus mengembangkan bisnis dan juga karya fotografi yang mengarah pada industri couple dan fanart. Gaya yang saya bawakan lebih mengarah pada japan style (kodak series) dalam segi warna dan touching foto.

Adapun untuk konsep yang umumnya kami gunakan seringnya menggunakan pendekatan street. Dan juga motions yang diterapkan pada relasi pasangan yang sedang kami kerjakan.

Ceritakan pengalaman anda dalam mengeksekusi karya untuk beartkalender ?

Cukup menarik. Karena dalam hal ini, beda dengan ilustrasi yang umumnya ada, kami mencoba menciptakan foto real yang mengimplimentasikan perjuangan bangsa indonesia di tengah badan. Terdapat juga deburan ombak yang selalu datang menguji ketangguhan persatuan bangsa ini.

Apa harapan anda untuk pergerakan kreatif kesenian dan desain di tanah air?

Semoga bisa jadi lebih bernilai dan memiliki makna yang diilhami budaya indonesia ini. Jangan kalah lah sama desain dari luar yang kental juga budayanya. Mari bawalah budaya sendiri biar dunia kenal lagi siapa bangsa Indonesia itu.

Hasil dari beartkalender 2020 kemarin digunakan untuk program #beartberbagi. Gambar dibawah ini merupakan rekapan acara rajut bersama Sugarnuts Creativespace. Berlokasi di Panti Asuhan At-Taufiq, anak-anak kedatangan teman-teman Beart.id dan Sugarnuts.


Salam Kreatif Selamat Berkarya

beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *