Menu Tutup

Tingkatkan minat kesenian warga Gunung Kawi, Mahasiswa Seni dan Desain UM gelar bimbel kesenian

balesari cover-beart

Malang – Tutor (pengajar) bimbel hari ini bisa dikatakan mudah untuk ditemukan, tetapi hanya dapat dijangkau oleh penduduk yang berada di daerah perkotaan. Karena memiliki standar fasilitas pendidikan yang baik. Sebaliknya, untuk beberapa daerah yang jauh dengan perkotaan, menemukan tutor (pengajar) untuk bimbel ternyata cukup sulit.

Di akhir tahun 2019, Mahasiswa jurusan Seni dan Desain (Sedesa) Universitas Negeri Malang di terjunkan ke Dusun Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum untuk melaksanakan KKN Tematik. Salah satu program kerja mereka ialah membuat bimbel untuk membantu akses pendidikan disana.

Oleh sebab itu, KKN Sedesa UM 2019 di Desa Balesari menyiapkan kegiatan bimbel dan mengajak anak-anak untuk bimbel bersama, yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat terhadap kesenian.

Dalam penjelasan yang lebih rinci, para mahasiswa di desa Balesari menjelaskan kepada beart.id. Simak ulasannya:

Sebenarnya apa sih tujuan dari kegiatan Bimbel ini?

Bimbel atau bimbingan belajar dari mahasiswa KKN Sedesa UM 2019 merupakan kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk membantu anak-anak di Desa Balesari yang kesulitan dalam belajar agar dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar menjadi lebih optimal.

Lalu, apa aja sih kegiatan bimbel yang dilaksanakan ?

Memainkan alat musik pengiring kesenian Tari (Doc: istimewa)
Memainkan alat musik pengiring kesenian Tari (Dok: istimewa)

KKN Sedesa UM 2019 di Desa Balesari mengajarkan aneka ilmu pelajaran dalam kegiatan bimbel yang mereka lakukan. Dengan tetap konsentrasi utama ialah kesenian. Seperti: bimbel kesenian tari dan musik yang dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Dilanjutkan dengan bimbel menggambar, mewarnai dan crafting (kerajinan) yang dilaksanakan setiap hari senin dan minggu.

Kemudian, mahasiswa KKN juga mengikuti salah satu kegiatan TPQ di Desa Balesari. Disana mahasiswa KKN ikut mengajarkan tentang cara mengaji, membuat kaligrafi, dan tentang materi agama lainnya yang diadakan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Anak-anak warga Balesari menari bersama mahasiswa kkn
Anak-anak warga Balesari menari bersama mahasiswa KKN (Dok: istimewa)

Terakhir dan yang tidak bisa dilupakan yaitu bimbel akademik. Disini KKN Sedesa UM 2019 di Desa Balesari mengajarkan berbagai ilmu pendidikan lewat bimbel bersama. Bimbel ini sendiri telah disesuaikan dengan materi pembelajaran di sekolah.


Baca juga:


Dengan adanya bimbel ini, diharapkan tercipta keseimbangan antara mata pelajaran kesenian, keagamaan dan mata pelajaran akademik lainnya.

Sehingga, dapat merubah mindset masyarakat terhadap kesenian yang masih dianggap mengganggu sistem pembelajaran, dianggap kuno, serta menjadikan anak cerdas dan berkarakter kuat.

Harapan diselenggarakan bimbel ini nanti semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan meninggalkan dampak positif untuk kedepannya.

Ucap mahasiswa KKN di Balesari

Pewarta : Jharotul Nur Maulita, Rendra Fitriana
Editor : Nurul Fitria


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *