Menu Tutup

Tipe-X : legenda SKA yang eksis manggung Off Air hingga hari ini.

Mengenang zaman 90an membuat kita terngiang playlist musik SKA dari band legendaris Tipe-X. Band ini terbentuk dengan nama pertama kalinya Head Master yang terdiri dari :

Tresno (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), dan Hendro (drum) yang sering membawakan lagu-lagu milik Red Hot Chilli Peppers (RHCP) kala itu.

Tipe-X mengawali industri musik secara independent atau indie, yang mana akhirnya mereka bergabung dengan anak perusahaan Aquarius Musikindo. Dibawah label ini pula akhirnya Tipe-X merilis album bertajuk Ska Phobia pada tahun 1999. Meskipun stereotipe berpindah ke label dianggap tidak bisa idealis saat itu.

Mereka tetap percaya dan yakin dengan keputusannya. Hingga mereka bisa membuktikan untuk tetap bisa idealis dalam berkarya dibawah naungan label dan mengeluarkan album “mereka tidak pernah mengerti” untuk mengkritik stereotipe buruk saat itu.

Setelah personil baru Irul masuk untuk posisi gitar rhytm, mereka pun mulai memainkan aliran baru yang ketika itu masih asing ditelinga para pendengar tanah air, yaitu Ska.

Tipe-X sendiri merupakan grup band beraliran ska yang pernah menjadi juara band Favorit di Festival Musik Alternatif. Lahir pada bulan September 1995, Tipe-X hari ini digawangi oleh Tresno Riadi (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), Aditya (drum), Billy (gitar), Anto (trombone), dan Andi Toha (saksofon).

Baca juga :

Grup Band dengan 7 personil band ini masih eksis dengan musik Ska untuk meramaikan aneka events di Indonesia. Dengan memiliki fans bernama X-Friends dan X-Angels mereka berhasil meramaikan pasar musik Ska di tanah air. Bahkan, pemuda hari ini mungkin tidak akan asing lagi dengan band Tipe-X satu ini. Tampil nyentrik kotak-kotak hitam putih atau baju bergaris telah menjadi andalan kostum mereka saat tampil dari panggung ke panggung.

Tipe-X : Legenda Ska Indonesia hari ini

Meskipun tergerus dengan aneka platform musik digital, Tipe-X masih bisa bertahan untuk tampil di panggung untuk menyapa fansnya dan masyarakat umum. Bahkan mereka tetap berkarya dan mengeluarkan single terbarunya “cerita tahun lalu” (2017) dan “please” (2017) yang diproduksi oleh Bahaya records.

Cerita tahun lalu – Tipe-X

Tipe-X sendiri telah keluar dari label Bahaya records pada Juni 2018 kemarin. Dengan management baru bernama X-managements, Tipe-X masih lanjut memanjakan fansnya untuk menari pogo bersama di panggung-panggung offair mereka. Yang terakhir, selamat ulang tahun ke 24 buat Tipe-X September kemarin. Semoga bisa eksis selalu meramaikan aliran musik Ska di Indonesia. Apakah mereka akan mengeluarkan lagu baru ? Mari kita ikuti karya meraka.

DISKOGRAFI

  • SKA PHOBIA (1999) 
  • MEREKA TAK PERNAH MENGERTI (2001) 
  • SUPER SURPRISE (2003) 
  • DISCOGRAPHY HITAM PUTIH (2005) 
  • A JOURNEY (2007) 
  • FESTIVAL PERASAAN (2009) 
  • SEVEN (2012)
  • BOYBAND (2012)
  • CERITA MASA LALU & PLEASE (2017)

Salam kreatif, selamat berkarya

Beart Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *