Menu Tutup

Workshop Batik Shibori dan Suvenir Aksesoris sebagai cikal bakal oleh-oleh khas Kampung Kajoetangan dari mahasiswa KKN UM

Malang – Minggu, 11 Januari 2020, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan Batik Shibori dan pembuatan Suvenir Aksesoris kepada Warga Kampung Heritage Kajoetangan.

Pelatihan ini berlangsung kurang lebih 3 jam, dibagi menjadi 2 sesi. Dimana sesi pertama adalah pelatihan Batik Shibori,  dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan aksesoris berupa gelang dan kalung berbahan batik.

“Kami mengadakan pelatihan kepada warga agar lebih kreatif, serta membuka peluang usaha, yaitu oleh-oleh khas kajoetangan,”

ungkap pemateri batik Arvina Veronika

Baca juga:


Vina menjelaskan bahwa warga yang mengikuti pelatihan ini cukup antusias, dilihat dari jumlah warga yang hadir dan karya yang dihasilkan, dan menurut vina warga kajoetangan sangat berpotensi kedepanya.

Workshop batik kkn um di kajoetangan
Suasana workshop batik dan aksesoris (dok: Istimewa)

Ibu Lisa Sidyawati, S.Pd, M,Pd, Selaku Dosen Pembimbing KKN menyampaikan, sangat mengapresiasi semangat warga Kampung Heritage  Kajoetangan untuk mengikuti pelatihan batik dan suvenir aksesoris ini.

“Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, semoga bisa membantu mengembangkan masyarakatnya menjadi desa wisata yang mandiri, dan produk souvenir ini bisa menjadi oleh-oleh khas kajoetangan, sehingga wisatawan akan lebih berkesan setelah berkunjung ke kampung ini,”

paparnya.

Kampung Kajoetangan yang memiliki destinasi wisata sejarah kampung Heritage akan memiliki oleh-oleh terbarunya nanti. Dengan besar harapan akan ada keberlanjutan untuk mengelola produk ini supaya layak jual nanti. Produk ini juga akan bisa mendorong ekonomi kreatif kampung Heritage sendiri dan kota Malang pastinya.


Pewarta: Karimatus Sa’adah

Editor: Muhammad Reza Rizky


Salam kreatif, selamat berkarya

Beart.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *